youtube channel

Channels

Misteri Suara Dentuman di Bandung, Ini Kata BMKG

Misteri Suara Dentuman di Bandung, Ini Kata BMKG

Langit malam (Foto: Reuters)

Misteri suara dentuman kembali jadi viral di media sosial. Kali ini terjadi di Bandung Jawa Barat. Mengenai sumber suara, begini hasil monitoring BMKG.

antvklik.com - Suara dentuman misterius kembali terdengar di Bandung Jawa Barat. Dalam video yang dibagikan di media sosial, suara dentuman terdengar berkali-kali.

Sebelumnya, suara dentuman juga terdengar di Jawa Tengah dan Bogor Jawa Barat.

Sama dengan di Bandung, saat kejadian tidak ada hujan petir atau latihan militer di sekitar lokasi kejadian.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika akhirnya angkat bicara mengenai fenomena ini.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, suara dentuman itu dilaporkan terdengar beberapa warga di Bandung dan sekitarnya pada Kamis (21/5/2020) pagi antara pukul 08.30 hingga 09.30 WIB.

”Hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa bumi signifikan yang terjadi di Bandung dan sekitarnya sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB,” kata Daryono, dalam keterangan pers, seperti dilansir Vivanews.

Menurut Daryono, cuaca di Bandung dan sekitarnya saat itu dalam kondisi cerah dan berawan, serta tidak terjadi hujan.

Hasil monitoring petir menggunakan peralatan lightning detector pun menunjukkan tidak ada sambaran petir di Bandung dan sekitarnya.

“Sehingga berdasarkan data tersebut, suara dentuman tidak bersumber dari peristiwa gempa bumi, petir, atau cuaca di Bandung dan sekitarnya,” katanya.

Pada 11 Mei lalu, suara dentuman juga terdengar di beberapa lokasi di Jawa Tengah. Awalnya warga sempat menduga ini terjadi akibat gempa tektonik. Namun hasil monitoring BMKG tidak menemukan catatan aktifitas gempa di wilayah tersebut saat itu.

Suara dentuman misterius juga terdengar di Jakarta dan sekitarnya pada 11 April lalu. Saat itu Kepala BMKG Dwikorita Karnawati juga memastikan tidak ada aktifitas tektonik di wilayah tersebut.

Lalu fenomena apa yang menimbulkan dentuman keras?


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments