youtube channel

Channels

Kolong Jembatan Disulap Jadi Perpustakaan Nan Asri

Kolong Jembatan Disulap Jadi Perpustakaan Nan Asri

Kolong Jembatan Disulap Jadi Perpustakaan Nan Asri

antvklik.com - www.antvklik.com - Pemuda Desa Siluk Imogiri, Bantul, Yogyakarta punya cara jitu untuk membuat kawasan bawah jembatan atau kolong jembatan bebas dari sampah. Mereka memanfaatkan kolong Jembatan Siluk untuk tempat perpustakaan umum atau taman bacaan. Setelah digunakan untuk taman bacaan, kolong Jembatan Siluk yang sebelumnya kumuh, kini bersih dan menjadi tempat nongkrong anak - anak muda sambil membaca buku. Di bawah Jembatan Siluk ini mengalir Sungai Opak.

Sebelum dijadikan sebagai perpustakaan umum kolong jembatan ini kumuh dipenuhi sampah karena warga sering membuang sampah dari atas jembatan. Melihat kondisi seperti itu, para pemuda sekitar jembatan tergugah untuk menghentikan pembuangan sampah di jembatan dengan cara yang sangat elegan dan jitu. Inilah awal mulanya muncul ide para pemuda ini untuk membuat perpustakaan umum yang memberikan manfaat bagi warga sekitar. Para pemuda membersihkan kolong Jembatan Siluk dan menatanya menjadi sebuah perpustakaan umum atau taman bacaan yang nyaman dan asri.

Di kolong Jembatan Siluk ini terdapat almari, rak buku, meja dan kursi yang sederhana dan seadanya. Kolong jembatan diubah menjadi taman bacaan yang nyaman. Mereka menamakannya Jembatan Edukasi Siluk. Perpustakaan umum atau taman bacaan ini didirikan sekitar 4 bulan lalu. Buku - buku yang ada di perpustkaan ini merupakan sumbangan dari warga sekitar jembatan maupun pengunjung dan warga yang peduli terhadap lingkungan.

“Meski berada di tempat tidak lazim, namun suasana yang teduh dengan pemandangan asri di sekitar jembatan, membuat para pengunjung betah berlama lama, “ ujar Nur Faizah, salah satu pengunjung perpustakaan kolong jembatan ini.

Salah satu pengurus Jembatan Edukasi Siluk Imogiri, Bantul, Yogyakarta, Respati Padmo Isworo mengatakan, dibuatnya perpustakaan umum di bawah kolong jembatan ini agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di kolong jembatan dan ikut menjaga lingkungan. “Selain itu agar masyarakat sekitar jembatan lebih gemar membaca untuk menambah ilmu pengetahuan, “ ujar Respati.

Laporan Santosa Suparman dari Bantul, Yogyakarta.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments