youtube channel

Channels

Khabar Kecelakaan Jamaah Umroh Tewaskan 130 Orang Itu Hoax

Khabar Kecelakaan Jamaah Umroh Tewaskan 130 Orang Itu Hoax

Khabar Kecelakaan Jamaah Umroh Tewaskan 130 Orang Itu Hoax

antvklik.com - www.antvklik.com-Pagi ini nitizen dikejutkan dengan khabar terjadinya kecelakaan beruntun jamaah umroh yang menewaskan 130 jamaah. Khabar tersebut beredar di grup-grup WA dan media sosial. Namun ternyata khabar terjadinya kecelakaan jamaah umroh yang menewaskan 130 orang itu dipastikan hoax.

Antv menelusuri khabar tersebut ke salah satu pegawai Kementrian Agama. Khaeron, pegawai Kemenag tersebut lantas mengontak rekan-rekannya di Kantor Urusan Haji Jedah. Ternyata khabar kecelakaan beruntun jamaah umroh itu dipastikan hoax."Sampai saat ini saaya sudah melakukan crosscheck media Arab Saudi baik online maupun televisi, tak ada khabar tersebut,"kata petugas Kantor Urusan Haji Indonesia di Jedah.

Dalam berita yang beredar di grup WA dan media sosial disebutkan, kecelakaan beruntun jamaah umroh tersebut terjadi tadi pagi pukul 04.00 waktu setempat. Sebanyak 130 jamaah umroh dikhabarkan tewas dalam kecelakaan tersebut. Khabar bohong tersebut tentu meresahkan banyak orang, terutama mereka yang keluarganya tengah menunaikan ibadah umroh Ramadhan kali ini.

Namun Empat hari lalu, Sabtu 27 Mei, memang terjadi sebuah kecelakaan beruntun jamaah umroh.Lima bus dan satu unit truk kecil terlibat kecelakaan beruntun di jalan raya antara Madinah dan Al Qassim, Arab Saudi. Enam orang warga Jordania dikabarkan meninggal dunia dalam kecelakaan itu.

Menurut Gulfnews, kecelakaan beruntun jamaah umroh itu terjadi saat seoarang sopir truk memilih untuk memarkir kendaraannya di sisi jalan raya setelah kondisi angin kencang menghalangi pandangannya dan membuatnya tidak bisa melihat jalanan. Sebuah mobil kemudian menghantam bagian belakang truk diikuti dengan lima bus di belakangnya.

Tidak diketahui secara detail kewarganegaraan para penumpang yang diperkirakan berjumlah 200 orang. Enam orang dikhabarkan tewas dalam kecelakaan ini.

(MTH: Laporan Adam Muslih)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments