youtube channel

Channels

Keterampilan Anak Yang Dipelajari Sebelum Usia 10 Tahun

Keterampilan Anak Yang Dipelajari Sebelum Usia 10 Tahun

Keterampilan Anak Yang Dipelajari Sebelum Usia 10 Tahun

antvklik.com - - Keterampilan sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak. Dengan berbagai keterampilan, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan memiliki bekal yang kuat dalam menghadapi masa depan. Apa saja kepintaran dasar yang lebih baik dipelajari anak sebelum berusia 10 tahun? Berikut beberapa tips untuk keterampilan anak yang dikutip dari womentalk dan dikutip oleh ANTV :

1. Mencuci Pakaian

Anak mulai bisa diajari mencuci pakaian sejak berusia 6 tahun, entah itu mencuci secara manual atau menggunakan mesin cuci. Perkenalkan mereka pada cara memilih pakaian untuk di cuci, menambahkan sabun, mengoperasikan mesin cuci, hingga menjemur.

keterampilan anak1 Ajari anak mencuci pakaian

2. Berbelanja

Anak berusia 7-9 tahun umumnya sudah bisa berhitung dan mengenal uang. Inilah saat yang tepat untuk mengajarkan keterampilan anak dalam hal berbelanja dan mempertanggungjawabkan penggunaan uang.

Berikan mereka sejumlah uang lalu bebaskan mereka memilih barang yang ingin dibeli. Setelah berbelanja, periksa hasil belanja anak dan jumlah uang yang dihabiskan. Setelah itu, telitilah apakah hasil belanja mereka sudah maksimal dan bermanfaat.

keterampilan anak2 Keterampilan anak dalam berbelanja

3. Menyiapkan Makanan

Ajak anak membuat makanan, berikan tugas yang harus dilakukan, dan tetap tenang jika ada hal yang berantakan didapur anda. Mulailah mengajarka keterampilan anak untuk menyiapkan menu sarapan yang sederhana, misalnya buah potong dan roti selai. Menu tersebut sederhana dan mudah untuk diajarkan kepada anak mulai usia 5 tahun. Tingkat kesulitan menu makanan akan naik seiring dengan bertambahnya usia anak.

keterampilan anak3 Membuat menu sederhana bersama anak

4. Menulis Surat

Saat ini, anak berusia 6-9 tahun cenderung melakukan komunikasi dengan teman menggunakan jejaring sosial. Kebiasaan berkomunikasi secara digital tanpa aturan baku mempengaruhi kemampuan menulis surat sesuai kaidah berbahasa.

Ketika anak sudah mulai bisa membaca dan menulis, ajari mereka menulis surat yang baik dan benar. Ajari juga mereka menulis alamat, menulis ucapan salam pembuka, isi surat, hingga salam penutup. Dengan demikian, keterampilan anak dalam hal menulis akan semakin meningkat.

keterampilan anak4 Keterampilan menulis surat

5. Memukul Paku Dengan Palu

Anak mulai bisa diperkenalkan dengan benda-benda pertukangan seperti paku dan palu saat usia 7-9 tahun. Untuk belajar, ajari anak menancapkan paku di media kayu yang tidak terlalu keras. Ajari mereka cara memegang paku, lalu memegang palu dan memukulnya dengan benar. Dengan mengetahui fungsinya, anak akan memahami resiko bahaya dari peralatan tersebut.

keterampilan anak5 Ajari anak mengenal alat-alat pertukangan

Selamat mempraktekkan pelatihan keterampilan anak sejak dini ya!


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments