youtube channel

Channels

Benarkah Kenikir Bisa Jadi Obat Kanker? Ini Dia Pengalaman Para Penyintas Kanker

Benarkah Kenikir Bisa Jadi Obat Kanker? Ini Dia Pengalaman Para Penyintas Kanker

Benarkah Kenikir Bisa Jadi Obat Kanker? Ini Dia Pengalaman Para Penyintas Kanker

antvklik.com - Berpulangnya Julia Perez akibat kanker serviks yang diidapnya menyedihkan banyak orang. Setelah berjuang beberapa bulan dan sempat beberapa kali mengalami kritis, Jupe akhirnya berpulang dalam usia 36 tahun. Pasca meninggalnya Jupe, grup2 media sosial diramaikan dengan pesan berantai tentang manfaat kenikir bisa jadi obat kanker. Benarkah? Mungkin ada beberapa di antara kalian yang jarang mendengar nama daun kenikir. Daun dengan nama latin Cosmos Caudatus ini dapat dijumpai di berbagai pelosok tanah air khususnya di Jawa, sehingga daun kenikir ini sering disebut sebagai masakan lalapan atau urap - urap khas Jawa.

Bagi sebagian orang Indonesia, kenikir dikenal sebagai lalapan. Tanaman kenikir atau ulam raja yang memiliki nama latin Cosmos Caudatus sangat mudah ditemui di sekitar sekitar lingkungan kita.

Rasanya memang agak pahit, namun daun kenikir dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit.

Dalam sebuah penelitian tanaman kenikir mengandung zat artemisinin yang dikenal mampu membunuh sel kanker. Seperti diketahui bahwa sel kanker punya persentase iron yang tinggi agar artemisinin cuma dapat membunuh sel dengan iron tinggi sel kanker saja tanpa mengakibatkan kerusakan sel baik lainnya.

Benarkah kenikir bisa jadi obat kanker?

Ketika kita atau salah satu keluarga divonis menderita kanker, tentu akan dihadapkan pada satu pilihan. Apa metode pengobatan yang dipilih. Endri Kurniati, wartawan Tempo yang juga seorang penyintas kanker menuliskan pengalamannya melawan kanker dalam bukunya “Kehidupan Kedua, Pengalaman Penyintas Kanker”.

Menurutnya, melawan kanker tidak cukup dengan "hanya" bermodal semangat untuk sembuh, tetapi juga pikiran jernih. Padahal, berpikir jernih pada saat galau tingkat dewa itu sungguh tidak mudah. Salah satu cara menjaga agar tetap jernih berpikir adalah "melokalisir" galau dan "memisahkannya" saat​ kita berpikir untuk mencari pengobatan paling efektif dan menjalaninya.

Endri mengaku sempat mempertimbangkan metode pengobatan herbal. Namun dengan berbagai pertimbangan, penyintas kanker payudara ini akahirnya memilih metode medis. Pasca operasinya beberapa tahun lalu, Endri dinyatakan sembuh total dan kembali beraktifitas sebagai wartawan.

Sementara Sri Mustokoweny, seorang penyintas kanker lainnya mengaku mendapatkan informasi kenikir bisa jadi obat kanker. Selain kenikir, info singkong sebagai obat kanker juga pernah dipertimbangkannya.”Aku percaya banyak tanaman di Indonesia mempunyai manfaat pengobatan kanker. Namun bukan pengobatan,”katanya.

Bagi mereka yang belum terkena kanker, buah2an dan tanaman tertentu yang mengandung antioksidan memang bisa mencegah kanker.”Namun bagi yang sudah terkena menurutku yang paling efektif adalah dengan jalan medis, dengan mengikuti tahap-tahap medis,”kata Weny.

Maka Wenny pun mengikuti tahap pengobatannya mulai dari operasi, kemoterapi, radioterapi plus minum obat dokter dan rutin control.”Kalau mau mengkonsumsi berbagai obat herbal monggo. Tapi itu sebagai pelengkap saja. Menghadapi sel kanker ganas tak boleh lengah,”pesannya.

Menurut Weny, seorang pasien kanker pernah memilih pengobatan dengan daun sirsak.Akibatnya sel kanker yang tuntas dibunuh, tumbuh lagi.”Ujung-ujungnya kembali ke medis lagi,”katanya.

Jadi jika ada yang terkena kanker pertimbangkan mana metode yang terbaik untuk anda.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments