youtube channel

Channels

Kemenko Kemaritiman Tanam 5000 Bibit Mangrove Jaga Pantai dari Abrasi

Kemenko Kemaritiman Tanam 5000 Bibit Mangrove Jaga Pantai dari Abrasi

Kemenko Kemaritiman Tanam 5000 Bibit Mangrove Jaga Pantai dari Abrasi (Foto: ANTV/Martinus. Sitorus)

Kemenko Kemaritiman tanam 5000 bibit Mangrove untuk mendukung program kerja pemerintah serta mencegah terjadinya abrasi laut dan juga menjaga lingkungan.

antvklik.com - Dukung kerja program pemerintah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Sabtu (24/8/2019) melakukan penanaman 5000 pohon mangrove di kawasan pesisir Belawan, Sumatera Utara. Selain dapat menjaga abrasi air laut dan biota laut kegiatan ini juga dapat menjaga lingkungan di sekitar pelabuhan.

PT Pelabuhan Indonesia satu dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang melakukan penanaman 5000 pohon mangrove menuju pelabuhan berwawasan lingkungan di kawasan Kampung Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Sumatera Utara.

Dalam kegiatan penanaman mangrove sebagai wujud kepedulian sosial, ekonomi dan lingkungan dengan menggandeng masyarakat pesisir di Sumatera Utara juga mendukung program pemerintah yang dikoordinasikan Kemenko Maritim dan rehabilitas mangrove nasional dimana pelabuhan menjadi salah satu sasaran program penghijaun.

Deputi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Maritim Agung Kuswandono mengatakan dengan ditanamnya 5000 pohon mangrove di pesisir Belawan, Sumatera Utara maka dapat menyelamatkan pohon mangrove di Indonesia sekitar 23 persen dari mangrove dunia dan saat ini 52 persen mangrove atau sekitar 1,8 juta hektar di Indonesia rusak dan hilang. Untuk itu seluruh instansi baik TNI/POLRI dapat menjaga kelestarian pohon mangrove.

Sementara itu, Direktur Teknik Pelindo Satu Hosadi Apriza Putra menambahkan bahwa sebanyak 5000 pohon mangrove yang ditanam di pesisir Belawan ini merupakan salah satu program pemerintah untuk melakukan penghijaun di setiap pelabuhan serta untuk menjaga abrasi air laut dan biota laut.

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini nantinya menjadi agenda rutin PT Pelabuhan Indonesia Satu Persero yang mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat yang memiliki wilayah operasi di empat provinsi seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau kepulauan.

Martinus Sitorus | Belawan-Sumatera Utara


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments