youtube channel

Channels

Kala Porter Soekarno Hatta Menjadi Helper

Kala Porter Soekarno Hatta Menjadi Helper

Kala Porter Soekarno Hatta Menjadi Helper

antvklik.com - - Satu video dengan durasi satu menit setengah menjadi viral di media sosial. Dalam video terlihat petugas airport helper bekerja tidak responsif terhadap para penumpang yang membutuhkan bantuan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Padahal, sebelumnya Porter Soekarno Hatta selalu menawarkan jasa untuk membantu para penumpang yang membawa banyak barang. Dalam keterangan video tersebut disebutkan mereka bermalas-malasan membantu penumpang yang kerepotan.

Memang sejak awal September 2017, PT Angkasa Pura II menghapus adanya Porter Soekarno Hatta dan untuk penggantinya disediakan jasa airport helper untuk membantu para penumpang yang membutuhkan bantuan. Namun perbedaan antara airport helper dengan porter adalah petugas airport helper mendapatkan gaji tiap bulan, sedangkan petugas porter berbayar tidak ada gaji sehingga mengandalkan uang tips dari penumpang.

Agus Haryadi, pelaksana harian Senior General Manager AP II mengatakan dengan adanya video amatir yang viral di medsos membuat pihaknya semakin cepat melakukan perbaikan, diantaranya perbaikan jangka pendek akan menunjuk 16 supervisor untuk mengawasi kinerja airport helper.“ Ditahap transisi ini masih berproses untuk penyesuaian, namun pihak Angkasa Pura II akan memberikan sanksi jika terbukti bermalas-malasan,”kata Agus Haryadi, Pelaksana Harian Senior Manager Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta.

“Permasalahan sebenarnya ada pada perubahan budaya, dimana biasanya para petugas berbayar dengan uang tips, kini harus melayani karena sudah di gaji perbulan, sehingga kinerja para airport helper menurun,” imbuhnya.

Adanya perubahan sistem pelayanan yang diterapkan oleh pihak PT Angkasa Pura II Bandara Soetta, guna peningkatan pelayanan para penumpang, pelayanan jasa airport helper atau porter digratiskan. Namun, kebijakan ini membuat sebagian porter untuk semangat kerja menjadi berbeda dibanding sebelumnya.

Menurut Bambang selaku petugas layanan jasa atau porter Porter Soekarno Hatta mengatakan, sistem kerja porter sekarang sudah berbeda. Saat ini pihak managemen Angkasa Pura II telah menerapkan seluruh porter atau layanan jasa di bandara Soetta secara gratis. “Kemarin kita ada usahanya untuk menawarkan jasa ke para penumpang, saat ini tidak boleh. Ini tergantung penumpangnya mau apa nggak, untuk dibantu, dan itu pun gratis,” kata Bambang, porter.

Menurutnya, ada beberapa hal yang butuh penyesuaian, misalnya soal beban kerja dan jam istirahat. Sistem shift yang diterapkan dengan gaji bulanan membuat mereka tak enak jika tak bergerak. “Jika sebelumnya mereka mendapat upah dari penumpang, kini menerima tip pun dilarang keras. Bahkan ada sanksi pemecatan jika terbukti menerima. Sekarang sudah tidak ada setoran, sistemnya sekarang baru mulai bulan september 2017,” imbuhnya.

Diketahui, per 1 september 2017, PT Angkasa Pura Solusi, yang merupakan anak perusahaan PT Angkasa Pura II, mengatur pendapatan dari para porter yang selama ini mengandalkan tip dan target.

Airport helper dan pengumpul troli ini akan digaji sesuai dengan UMR, sehingga kini penumpang di bandara Soekarno-Hatta sudah tidak perlu membayar tip untuk mendapat bantuan mengangkut barang bawaannya.

Dari Tangerang, Banten, Kusnaedi dan Rusdi melaporkan.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments