youtube channel

Channels

Jutaan Orang Berebut Jadi ASN,  Camat di Palembang Malah Mengundurkan Diri

Jutaan Orang Berebut Jadi ASN,  Camat di Palembang Malah Mengundurkan Diri

Camat Kalidoni Palembang, Arie Wijaya bersama isterinya Mike Meilani (Foto: ANTV/ Ganda Kopatra)

Saat jutaan rakyat Indonesia berbondong-bondong mengikuti tes CPNS untuk menjadi Aparatur Sipil Negara, seorang Camat Kalidoni Palembang, Arie Wijaya malah mengajukan berhenti kepada Wali Kota Palembang. Arie menegaskan ingin fokus mengurus UKM dan berwirausaha agar bisa membuka lapangan pekerjaan di bumi Sriwijaya.

antvklik.com - Sejumlah tes CPNS dari berbagai instansi pemerintah maupun kementerian masih berlangsung di Kota Palembang. Tes CPNS ini diikuti ribuan peserta dengan kuota hanya ratusan saja. Tingginya minat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) ini terjadi setiap tahunnya.

camat mengundurkan diri (2) Seleksi penerimaan untuk menjadi ASN (Foto: ANTV/ Ganda Kopatra

Namun keputusan mengejutkan dilakukan Camat Kalidoni, Arie Wijaya yang meminta pemberhentian dari pemerintah Kota Palembang. Arie yang sudah mengabdi sejak tahun 2007 silam menjalani karir ASN cukup gemilang bahkan pernah menyabet penghargaan sebagai lurah terbaik di Indonesia. Namun keinginan menggiatkan UKM dan beberapa sektor usaha lainnya membuatnya ingin berhenti pada tahun 2010 lalu namun ditolak BKD Palembang. Iapun ditugaskan belajar S-3 . Saat tugas belajar ia malah fokus berwirausaha hingga berhasil mendirikan perusahaan developer, penggiat UMKM dan koperasi simpan pinjam.

camat mengundurkan diri (3) Arie Wijaya terus mengembangkan UKM (Foto: ANTV/Ganda Kopatra)

Arie merasa lebih berkreasi dan bermanfaat saat bisa menciptakan lapangan kerja. Usai tugas belajar iapun diberi jabatan menjadi Camat Kalidoni Palembang. Selama kurang lebih setahun ia mencoba menggiat UMKM di wilayahnya namun kurang maksimal. Untuk itu Arie membulatkan tekad untuk mundur sebagai ASN. Sementara itu, sang istri, Mike Meilani mengatakan mendukung keputusan sang suami.

“Mengabdi tidak harus jadi ASN. Sebelum saya jadi camat saya juga sudah bergerak. Sifatnya wira usaha dan UKM, saya juga membentuk koperasi namanya Koperasi Bangsaku, untuk masyarakat umum. Jadi fokus saya untuk pemberdayaan masyarakat tetap ada. Saya rasa akan lebih besar lagi kalau saya tidak lagi menjadi ASN, “ kata Arie Wijaya.

Pengajuan pemberhentian sudah diajukan ke BKD dan butuh waktu tiga bulan untuk menuntaskan statusnya berhenti menjadi Aparatur Sipil Negara.

Ganda Kopatra | Palembang, Sumatera Selatan


icon featured

Popular

icon featured

Comments