youtube channel

Channels

Jokowi Tegaskan Pemerintah Tak Larang Masyarakat Beribadah Saat Covid-19

Jokowi Tegaskan Pemerintah Tak Larang Masyarakat Beribadah Saat Covid-19

Para santri kenakan masker dan jaga jarak dalam masjid di Bogor, Jabar (Foto: Reuters)

Presiden Joko Widodo menegaskan, pemerintah tak melarang masyarakat beribadah saat Covid-19. Namun pelaksanaan ibadah harus sesuai dengan protokol kesehatan.

antvklik.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya untuk terus melakukan sosialisasi atau memberi pemahaman kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Jokowi menegaskan, pemerintah tidak melarang masyarakat untuk beribadah.

"Pemerintah tidak melarang beribadah. Pemerintah melalui Kementerian Agama mendorong agar setiap umat beragama meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadahnya masing-masing."

"Yang kita himbau, yang kita atur adalah peribadatan yang dilakukan sesuai protokol kesehatan dan anjuran ibadah di rumah yang bisa dilakukan bersama-sama," katanya dalam rapat terbatas, Selasa (19/5/2020).

Dalam rapat, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama, PP Muhammadiyah dan ormas-ormas Islam lainnya. Lembaga-lembaga tersebut dinilai telah mendukung dan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19

"Saya sangat menghormati dan mengapresiasi adanya fatwa dan imbauan yang disampaikan kepada seluruh umat islam di Indonesia terkait peribadatan dan amaliyah selama Covid ini. Termasuk keputusan pemerintah untuk melarang mudik," katanya.

Jokowi juga menyebut pemerintah sangat terbantu dengan aksi kepedulian sosial dari ormas dan umat. Ini termasuk pemanfaatan zakat infak sedekah untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Ia juga berharap, aksi solidaritas dan kepedulian sosial terus meluas hingga menjadi gerakan besar guna meringankan beban masyarakat.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments