youtube channel

Channels

Jokowi Tak Larang Demonstrasi Saat Pelantikan Dirinya

Jokowi Tak Larang Demonstrasi Saat Pelantikan Dirinya

Jokowi saat menerima pimpinan MPR (ANTV/Agam Wifta Renal)

Berbeda dengan polisi, Presiden Jokowi tak larang demonstrasi saat pelantikan dirinya. Menurut Jokowi, demonstrasi dijamin konstitusi.

Usai menerima pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Presiden Joko Widodo menegaskan, demonstrasi dijamin oleh konstitusi. Oleh karena itu tak ada perintah darinya untuk melarang penyampaian pendapat di muka umum.

"Enggak ada (pemerintah larang demo). Namanya demo dijamin konstitusi," kata Jokowi, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/10/2019),.

Meski demikian, Jokowi meminta soal pengamanan dan pelarangan demo ditanyakan ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Sementara Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, MPR ingin pelantikan berlangsung secara khidmat tanpa gangguan apa pun.

"Karena suksesnya ini, suksesnya acara pelantikan presiden, akan memberi pesan positif bagi dunia internasional dan itu akan juga membantu perekonomian kita. Dengan ekonomi yang baik maka itu sama dengan membantu rakyat kita semua. Jadi message-nya jelas, kami di MPR ingin acara ini berlangsung dengan khidmat," ujar Ketua MPR.

Sebelumnya Polda Metro Jaya mengumumkan, surat tanda terima pemberitahuan (STTP) demonstrasi di Jakarta tak akan diterbitkan polisi mulai Selasa, 15 Oktober 2019 hingga 20 Oktober 2019.

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019. Jokowi berharap, agar pelantikan dan perayaan dilakukan secara sederhana.

Mahendra Dewanata & Agam Wifta Renal I Jakarta


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments