youtube channel

Channels

Jokowi Sebut Strategi Intervensi Berbasis Lokal Efektif Tangani Covid-19

Jokowi Sebut Strategi Intervensi Berbasis Lokal Efektif Tangani Covid-19

Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan kepala daerah se-Jawa Tengah di Semarang (Foto: BPMI)

Dalam pertemuan di Semarang Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut, strategi intervensi berbasis lokal dianggap paling efektif tangani Covid-19. Maksudnya?

antvklik.com - Presiden Jokowi kembali mengingatkan para pejabat mengeluarkan kebijakan soal penanganan Covid-19 berdasarkan data dan saran dari para pakar.

Hal tersebut dikatakannya dalam pertemuan dengan para kepala daerah se-Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020) pagi.

Jokowi juga menjelaskan tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum mengeluarkan kebijakan new normal atau kenormalan baru.

Tahapan-tahapan itu adalah pra kondisi, waktu yang tepat, prioritas sektor mana yang dibuka terlebih dahulu serta evaluasi.

Menurutnya, jika dalam evaluasi seminggu atau dua minggu sekali kembali terjadi peningkatan kasus Covid-19, maka kepala daerah harus bisa menutup kembali daerah itu.

Namun menurut Jokowi yang paling efektif dalam menangani Covid-19 saat ini adalah strategi intervensi berbasis lokal.

"Jadi mengkarantina, mengisolasi RT, RW, kampung atau desa itu lebih efektif daripada kita mengkarantina satu kota atau kabupaten," kata Jokowi.

Jadi strategi ini, menurut Jokowi, agar dapat dipakai bersama-sama di setiap daerah sehingga diharapkan terjadi penurunan laju penularan Covid-19.

Jokowi berharap, dengan kerja keras, pada Juli nanti, angka penularan Covid-19 di Jawa Tengah dapat turun dan ekonomi segera kembali pulih.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments