youtube channel

Channels

Jokowi: Proyek Strategis Nasional Tak Boleh Berhenti Saat Pandemi Corona

Jokowi: Proyek Strategis Nasional Tak Boleh Berhenti Saat Pandemi Corona

Presiden Joko Widodo (Foto: BPMI)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan agar sejumlah proyek strategis nasional (PSN) tidak boleh berhenti saat pandemi corona. Apa saja PSN yang tak boleh berhenti?

antvklik.com - Dalam rapat terbatas yang digelar secara virtual, Jumat (29/5/2020), Presiden Joko Widodo menekankan agar PSN tak boleh berhenti saat pandemi corona.

"Walaupun saat ini kita menghadapi pandemi, agenda-agenda strategis yang jadi prioritas tidak boleh berhenti dan tetap harus dilanjutkan," katanya.

Disebutkan, agenda strategis tidak hanya di bidang ekonomi tapi juga di bidang mendasar lainnya. Antara lain bidang pendidikan, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan kesehatan.

Jokowi mencontohkan, untuk bidang kesehatan antara lain menurunkan stunting pada anak,, pemberantasan berbagai penyakit seperti TBC, malaria, DBD dan HIV AIDS. Selain itu juga terkait perbaikan gerakan hidup sehat.

Mantan Wali Kota Solo ini juga meminta percepatan PSN yang berdampak langsung pada pemulihan ekonomi nasional. Misalnya adalah program sertifikasi tanah rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria, perhutanan sosial dan peremajaan perkebunan rakyat.

Jokowi juga meminta jajarannya untuk menyelesaikan berbagai hambatan terkait pelaksanaan PSN.

"Selesaikan secepatnya berbagai hambatan tentang pelaksanaan PSN di lapangan. Saya terima laporan hambatan terbesar adalah masih soal pembebasan lahan," katanya.

Sedangkan mengenai usulan 245 PSN baru, Jokowi meminta agar diperiksa kembali agar dapat ditentukan mana yang dapat direkomendasi dan mana yang tidak.

Namun Jokowi meminta prioritas penambahan proyek yang memiliki daya ungkit besar terhadap pemulihan ekonomi masa pandemi. Menurutnya, ini cukup penting untuk didahulukan.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments