youtube channel

Channels

Jika Jakarta Lockdown, Polisi Sudah Siapkan Rekayasa Penutupan Wilayah

Jika Jakarta Lockdown, Polisi Sudah Siapkan Rekayasa Penutupan Wilayah

Jika Jakarta Lockdown, Polisi Sudah Siapkan Rekayasa Penutupan Wilayah (Foto Istimewa)

Jika Jakarta Lockdown, polisi sudah menyiapkan rekayasa buka tutup wilayah keluar masuk Ibu Kota.

antvklik.com - Langkah antisipisi kepolisian itu didasarkan dari edaran surat telegram nomor STR/414/III/OPS.2./2020 yang memerintahkan Kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya membuat rekayasa penutupan arus lalu lintas dari dan menuju Jakarta selama masa lockdown di Jakarta.

Menurut Kabid Humas Polds Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, isi surat tersebut merupakan skema penutupan ruas jalan di Jakarta jika pemerintah mengimbau untuk lockdown.

Tapi, polisi menyebutkan sampai saat ini, belum ada perintah lockdown dari Pemerintah Provinsi sehingga maksud surat hanya berupa pemberitahuan latihan internal kepolisian saja.

"Sekarang situasi Jakarta masih social distancing, physical distancing, tidak ada karantina wilayah atau lockdown. Tapi, kita harus tetap latihan. Apapun yang terjadi kita sudah latihan," ujar Kabid Humas Polds Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (29/3/2020).

Lebih lanjut Yusri menjelaskan, simulasi perlu dilakukan kepolisian demi mengantisipasi kebijakan pemerintah atas penanganan virus corona (Covid-19) dan setidaknya, polisi sudah memiliki rencana atas kebijakan pemerintah dalam menangani penyebaran corona.

Soal kapan waktu pelaksanaan simulasi, Yusri belum membeberkannya. Menurut dia, Polda Metro Jaya lebih dahulu menerima data dari jajaran sebelum akhirnya melakukan simulasi.

"Jadi bukan berarti ada karantina wilayah. Rencana akan latihan atau simulasi, bukan lockdown atau karatina. Jakarta belum mengenal karantina. Jadi kami latihan atau simulasi situasi sekarang ini. Jadi kami minta data di masing wilayah, itu dikumpulkan, lalu dirapatkan, kemudian dibikin pelatihan bersama. Jadi besok-besok apa pun yang terjadi sudah siap latihan," pungkasnya.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments