youtube channel

Channels

Jenis Motif Batik Modern Dengan Design Sederhana, Wajib Kamu Beli Nih!

Jenis Motif Batik Modern Dengan Design Sederhana, Wajib Kamu Beli Nih!

Jenis Motif Batik Modern Dengan Design Sederhana, Wajib Kamu Beli Nih!

antvklik.com - - Tanggal 2 Oktober yang ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional berawal dari penetapan batik oleh UNESCO, sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Setelah penetapan itu, maka Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional. Kamu harus tahu nih guys, ternyata di Indonesia mempunyai jenis batik yang berbeda-beda. Dari motif Batik modern yang sederhana, hingga motif batik yang sangat luar biasa. Kira-kira apa aja sih jenis motif batik modern ini? Yuk ANTVLovers, lihat di bawah ini ya:

1. Motif Batik Modern: Motif Batik Bali

Ciri khas dari kain batik Bali adalah terletak pada motifnya yang memadukan antara motif tradisional dan motif modern. Selain itu, kain batik Bali mempunyai ciri khas adanya lambang-lambang daerah seperti naga, burung bangau, kura-kura, dan rusa.

Motif Batik Modern

Dilihat dari motif dan bentuknya dapat dikatakan bahwa motif yang ada pada batik Bali ini tidak mempunyai batasan dalam hal pengeksplorannya. Batik Bali sendiri banyak terinspirasi oleh semua hal yang berada di Bali.

2. Motif Batik Modern: Motif Batik Aceh

Ciri khas dari batik Aceh adalah menggunakan perpaduan unsur alam dan budaya dari masyarakat Aceh itu sendiri. Untuk masalah warna, batik Aceh lebih dominan menggunakan warna yang cerah.

Motif Batik Modern

Keberanian memainkan warna itulah yang menjadikan batik Aceh terkesan unik dan glamor. Selain itu, Aceh merupakan daerah yang memiliki pengaruh Agama Islam yang kuat. Sehingga jarang sekali masyarakat Aceh menggunakan motif binatang yang merupakan larangan dalam Agama Islam.

3. Motif Batik Modern: Motif Batik Betawi

Ciri khas batik Betawi adalah keunikan pada warnanya yang semarak sesuai dengan selera orang Betawi. Motif batik Betawi juga tidak lepas dari budaya yang berkembang di Betawi. Selain itu motif batik Betawi juga banyak dipengaruhi oleh budaya-budaya China, Arab, Belanda, dan India.

Motif Batik Modern

Dalam pewarnaan, batik Betawi didominasi dengan warna-warna cerah seperti biru terang, pink, hijau, dan orange. Batik Betawi jarang menggunakan warna gelap karena dianggap sebagai warna yang mengekspresikan kesedihan.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments