youtube channel

Channels

Jenderal Andika Perkasa Kasad, Bukan Karena Hendropriyono

Jenderal Andika Perkasa Kasad, Bukan Karena Hendropriyono

Jenderal TNI Andika Perkasa, usai pelantikan sebagai KASAD baru, oleh Presiden Jokowi, Kamis (22/11).

antvklik.com - Newsplus.antvklik.com- Melejitnya karier Jenderal Andika Perkasa menjadi Kasad, dan hanya membutuhkan waktu lima tahun dari pangkat Kolonel ke Jenderal Berbintang Empat menimbulkan spekulasi bahwa perjalanan karier menantu Mantan Kepala BIN Hendropriyono ini dipengaruhi kedekatan mertuanya dengan pusat kekuasaan,

Namun Yuddy Chrisnandi, Duta besar RI untuk Ukraina mengatakan Jenderal Andika Perkasa, memang layak mendapatkan promosi sebagai Kasad. "Saya mengenal kiprahnya sejak pangkat Kapten dan Perwira Muda di Kopassus, dia sudah sangat menonjol prestasi dan leadershipnya. Adik angkatan dan rekan-rekan seangkatannya mengakui kelebihannya,"kata Yuddy, doktor ilmu politik yang menulis desertasinya tentang Reformasi TNI.

"Andika layak dapat bintang, terlebih di awal era Presiden Jokowi, dia telah menunjukan loyalitasnya yang langsung dirasakan oleh Presiden. Dia perwira terbaik saat ini di jajaran AD. Selamat untuk Kasad Jenderal Andika,"katanya.

Menyinggung soal pengaruh mertua dalam perjalanan kariernya, "Sebagai menantu pak Hendro itu pelengkap saja, banyak juga para pejabat yang memiliki hubungan keluarga dengan tokoh tertentu, namun faktor utamanya adalah kapabilitas. Dan dia layak untuk itu, memiliki profesionalisme dan karakter leadership sebagai tentara, plus well educated,"kata Yuddy.

Karier militer Andika Perkasa memang melesat teramat cepat. Pada awal 2013 Andika baru diangkat menjadi Kolonel. Namun melati tiga tersebut tak lama dieembannya. Pada 8 November 2013, Andika menjadi Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat dan pangkatnya naik menjadi Brigadir Jenderal.

Sebelas bulan menjabat sebagai Dinas Penerangan Angkatan Darat, atau enam hari sebelum Joko Widodo dan Jusuf Kalla dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2014, Andika diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), pangkatnya pun menjadi Mayor Jenderal.

Pengalaman memimpin teritorial sebagai Pangdam didapatnya ketika menjadi Pangdam XII/Tanjungpura hingga pada 15 Januari 2018, Andika Perkasa dipromosikan menjadi Komandan Kodiklat TNI-AD. Pada jabatan baru ini, pangkatnya sekaligus naik menjadi Letnan Jenderal.Hanya enam bulan menempati jabatan Dankodiklat sebelum menjadi Pangkostrad.

Kemarin bintangnya menjadi empat. Perjalanan Jenderal Andika Perkasa belum akan berpuncak. Bukan tak mungkin di kemudian hari Jenderal Andika Perkasa akan memimpin TNI.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments