youtube channel

Channels

Jemaah Salafiyah di Magetan Jawa Timur Lebaran Hari Ini

Jemaah Salafiyah di Magetan Jawa Timur Lebaran Hari Ini

Suasana salat Idul Fitri 1441 H di Pondok Pesantren Salafiyah Cokrokertopati, Magetan. (ANTV/Miftakhul Erfan).

Ratusan jemaah Salafiyah di Magetan, Jawa Timur, lebaran hari ini. Dalam menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah, jemaah Salafiyah berbeda dengan pemerintah karena memiliki perhitungan sendiri dan melihat bentuk bulan yang diyakini sesuai ajaran mereka sejak lama.

antvklik.com - Lebih dari 500 jemaah Salafiyah melaksanakan salat Idul Fitri 1441 Hijiriah di Masjid Al Muttaqin, Komplek Pondok Pesantren Salafiyah 'Cokrokertopati', Kelurahan Takeran, Kecamatan Takeran, Magetan, Jawa Timur, Sabtu (23/5/2020).

Meski berbeda dengan keputusan pemerintah, ratusan jemaah Salafiyah yang diikuti dari berbagai daerah di Madiun dan Ngawi ini, melaksanakan salat Idul Fitiri atau salat Ied dengan kusyuk.

Usai salat Ied, para jemaah memanjatkan doa bersama agar wabah pandemi covid 19 di Tanah Air segera berakhir, sehingga warga bisa melakukan aktivitas seperti sediakala, termasuk menjalankan ibadah tanpa kendala apapun.

Menurut Ketua Jemaah Salafiyah sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Cokrokertopati, KH. Zuhdi Tafsir, keputusan penetapan 1 Syawal 1441 Hijriah pada hari ini berdasarkan perhitungan bulan yang diambil pada malam 22 Ramadan.

Dijelaskan, jika bentuk bulan pada malam itu cekung, maka jumlah puasa yang dijalani sebanyak 29 hari. Sebaliknya, jika bentuk bulan pada malam tersebut cembung, maka jumlah puasa yang dijalani sebanyak 30 hari.

“Kita bisa ambil (ketetapan 1 Syawal 1441 H) itu setelah malam ke-22 Romadon, kalau bulannya sudah cekung, berarti umurnya bulan Hijriah itu pasti 29 (hari). Tapi kalau itu masih cembung, itu pasti 30 (hari). Itu sudah rumus,” terang KH. Zuhdi Tafsir.

Miftakhul Erfan | Magetan, Jawa Timur


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments