youtube channel

Channels

Dua Juta Jemaah Haji Bergerak ke Arafah

Dua Juta Jemaah Haji Bergerak ke Arafah

Dua Juta Jemaah Haji Bergerak ke Arafah

antvklik.com - www.antvklik.com- Hari ini sekitar dua juta jemaah haji bergerak ke Arafah secara bertahap , sebab pada hari Kamis tanggal 31 Agustus semua jemaah haji akan mengikuti prosesi wukuf, yang merupakan puncak pelaksanaan ibadah haji. Sejak selepas subuh, kesibukan warga Mekkah meningkat, bus-bus sudah lalu lalang memadati jalan-jalan utama di kota Mekkah, Saudi Arabia. Jemaah haji Indonesia sudah mulai memenuhi lobi-lobi hotel menanti armada untuk mengantar mereka ke Arafah. Bus-bus pun mengantar jemaah haji bergerak ke Arafah.

Laporan Adam Muslih dari Tanah Suci

Perjalanan menuju ke Arafah, dilakukan secara bertahap yaitu pagi, siang, dan sore hari. Jemaah yang sudah berkumpul di lobi hotel adalah mereka yang diberangkatkan ke Arafah pada pukul 08.00 waktu Arab Saudi. Untuk menghimpun jamaah tidak terpisah atau terpencar dari rombongannya, ketua regu melakukan koordinasi sejak semalam dan membekali jamaah dengan simbol simbol kelompoknya berupa slayer topi ataupun bendera. Para jemaah haji bergerak ke Arafah diharapkan mentaati aturan baik aturan pemerintah , maupun aturan kelompoknya dalam melaksanakan puncak ibadah haji.

Sementara itu sudah sekitar empat ratus ribu jamaah haji tanpa izin resmi ditolak masuk Mekkah oleh pemerintah Arab Saudi. Sebanyak 3.296 kendaraan yang membawa mereka ditangkap di pintu masuk kota Mekkah. Pemerintah Arab Saudi sendiri, telah menyelesaikan persiapan mereka untuk memberikan layanan terbaik bagi dua juta lebih jamaah haji dari seluruh duna, termasuk duaratus ribu jamaah haji lokal. Dari total jamaah haji dunia, limapuluh persen diantaranya sudah menyelesaikan kunjungan mereka di kota Madinah.

Dari Mekkah al Mukaromah Adam Muslih melaporkan .


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments