youtube channel

Channels

Intip Yuk, Tips Menjaga Kesehatan Mata

Intip Yuk, Tips Menjaga Kesehatan Mata

Intip Yuk, Tips Menjaga Kesehatan Mata

antvklik.com - - Mata merupakan organ pada tubuh kita yang sangat berharga. Dengan memiliki mata yang sehat, maka kita dapat melihat keindahan dunia beserta isinya. Untuk itulah, kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata agar tidak mengalami berbagai penyakit. Untuk memastikan mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia, berikut adalah tujuh cara mudah menjaga kesehatan mata :

1. Makan banyak buah dan sayur-sayuran

Makan dengan baik adalah cara paling utama untuk merawat mata kamu. Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya anda mengonsumsi sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam atau kangkung dan sayuran berwarna cerah. Sayuran berdaun hijau memberikan nutrisi lutein dan zeaxanthin, yang terbukti membantu mengurangi risiko penyakit mata.

Sementara vitamin A dapat ditemukan dalam sayuran kuning dan oranye terang seperti wortel dan ubi jalar. Tambahkan juga buah-buahan seperti stroberi, jeruk, dan mangga untuk kecukupan vitamin C dan antioksidan lainnya, yang berguna membantu melawan penyakit mata.

mata 1

2. Melakukan pemeriksaan mata ke dokter

Ini berguna untuk mengetahui sejak awal jika ada masalah penglihatan. Melakukan pemeriksaan mata secara teratur adalah satu-satunya cara untuk mengantisipasi berbagai masalah.

mata 2

3. Jangan kucek mata

Usahakan untuk tidak mengucek mata ketika mata anda terasa gatal, karena ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata kamu.

mata 3

4. Jangan membaca dalam keadaan redup

Bagi kamu yang memiliki hobi membaca, disarankan untuk tidak membaca dalam cahaya lampu yang redup. Hal tersebut dapat menyebabkan ketegangan mata. Ketegangan mata lama-kelamaan akan berakibat buruk pada kesehatan mata kamu. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

mata 4

5. Hindari Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer

Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Dampak paling sederhana yang terjadi akibat terlalu lama di depan komputer adalah membuat mata lelah. Selain itu jangka panjang dari kebiasaan ini adalah akan menyebabkan mata menjadi minus.

mata 5

6. Pakailah kacamata hitam pelindung sinar UV

Untuk menjaga kesehatan mata kamu, gunakan kacamata hitam dengan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap ketika anda berpergian ditengah teriknya sinar matahari. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

mata 6

7. Perhatikan jarak membaca buku

Usahakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal yang dimaksud yaitu membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.

mata 7


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments