youtube channel

Channels

Ini Kata Chairul, Pemuda Lulusan SD yang Bikin Pesawat Terbang, Saat Naik Hercules

Ini Kata Chairul, Pemuda Lulusan SD yang Bikin Pesawat Terbang, Saat Naik Hercules

Ini Kata Chairul, Pemuda Lulusan SD yang Bikin Pesawat Terbang, Saat Naik Hercules (Foto Istimewa)

Chaerul, pemuda tamatan SD pencipta pesawat dari bahan bekas asal Pinrang, Sulawesi Selatan, akhirnya tiba di Jakarta, Minggu (19/1/2020) siang

antvklik.com - Chaerul menginjakkan kaki di ibu kota untuk memenuhi undangan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna setelah pemuda yang hanya mengenyam pendidikan SD itu terbang dengan pesawat Hercules milik TNI AU dari Lanud Sultan Hassanudin Makassar dan mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma pada Minggu (19/1) siang.

Saat mendarat, Chaerul, pemuda berusia 35 tahun itu mengaku bahwa dirinya baru kali ini naik pesawat terbang.

"Perasaan saya senang dan baru pertama kali aku naik pesawat seperti itu. Pertama kali ini," ungkap Chaerul saat mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (19/1/2020).

Chaerul mengaku merasa lebih takut saat menaiki pesawat angkut milik TNI AU tersebut dibanding saat menerbangkan pesawat buatannya.

Chaerul juga mengaku sepanjang perjalanan, ia duduk di dekat kokpit untuk mencuri ilmu dari pilot profesional.

"Sangat bangga sekali," ungkap Chaerul atas pengalamannya itu.

Kedatangan Chaerul sendiri langsung disambut oleh Kasubdispenum Dispenau Kolonel Yuris dan menyebut bahwa KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengapresiasi karya Chaerul sehingga ingin bertemu dengannya.

Menurut rencana, pertemuan Chaerul dengan SAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna itu akan dilakukan pada Senin (20/1/2020).

"Besok kami ada jadwal tur di Lanud Halim Perdanakusuma mungkin melihat berbagai skadron di Lanud Halim Perdanakusuma dan akan kami ajak juga joyflight dengan pesawat yang ada di sini. Terutama nanti kami ajak ke skadron teknik 021. Itu skadron perawatan pesawat TNI AU sehingga Chaerul nanti bisa melihat bagaimana pesawat itu dibongkar kemudian apa saja yang ada di dalam pesawat itu," tutup Yuris.

Seperti diberitakan sebelumnya, keberhasilan Chaerul, pemuda asal Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, merakit pesawat model Ultralight dari mesin sepeda motor menarik perhatian banyak pihak. Salah satunya dari Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Bukti ketertarikan orang nomor satu di jajaran TNI Angkatan Udara itu adalah dengan mengundang Chairul ke Jakarta.

Chaerul berhasil membuat pesawat terbang jenis ultralight dengan menggunakan bahan-bahan bekas seperti roda gerobak pengangkut pasir hingga sayap pesawat dari parasut bekas penutup mobil. Sementara di dapur pacu, Chaerul menggunakan mesin motor Kawasaki Ninja RR 150 CC.

Pesawat dari Barang Bekas Mengudara, Jagat Netizen Gempar dan Viral aa(Foto Tangkap Layar Video di Twitter)

Pesawatnya 'racikan tangannya' sempat diragukan bisa terbang karena dalam empat kali percobaan gagal mengudara. Namun, di percobaan kelimanya, Chaerul sukses menerbangkan pesawat hingga sejauh 300 meter di atas pantai Ujung Tape Palameang.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments