youtube channel

Channels

Inggris Tutup Kedubes di Korea Utara dan Pulangkan Diplomatnya

Inggris Tutup Kedubes di Korea Utara dan Pulangkan Diplomatnya

Foto ilustrasi: Reuters

Inggris menutup kedutaan besarnya di Korea Utara (Korut) hingga waktu yang tidak ditentukan, serta menarik seluruh staf diplomatiknya dari negara tersebut.

antvklik.com - Otoritas Inggris menutup sementara kedutaan besarnya di Korea Utara (Korut) dan menarik seluruh staf diplomatiknya dari negara komunis tersebut. Langkah ini diambil di tengah pembatasan penyebaran virus corona yang diberlakukan otoritas Korut.

“Kedutaan Besar Inggris di Pyongyang tutup sementara mulai 27 Mei 2020 dan seluruh staf diplomatik telah meninggalkan DPRK untuk sementara waktu,” sebut Duta Besar Inggris untuk Korut, Colin Crooks, dalam postingan via Twitter, seperti dilansir Reuters, Kamis (28/5/2020).

Crooks merujuk pada nama resmi Korut yakni Republik Demokratik Rakyat Korea, yang disingkat DPRK.

Dalam pernyataan terpisah, kantor Kementerian Luar Negeri ini menyebut keputusan tersebut diambil karena Korut memberlakukan ‘pembatasan masuk ke negara tersebut yang menjadikannya sulit untuk merotasi staf kami dan mempertahankan operasional keduataan’.

Disebutkan juga bahwa Inggris berniat untuk mempertahankan hubungan diplomatiknya dengan Korut. “Akan berusaha membangun kembali kehadiran kami di Pyongyang sesegera mungkin,” sebut kantor Kementerian Luar Negeri Inggris.

Sejumlah sumber yang dikutip NK News, yang memantau sistuasi Korea Utara, menyebut bahwa para diplomat Inggris telah melintasi perbatasan Korut dan China via jalur darat pada Rabu (27/5/2020) waktu setempat.

Korut sejauh ini belum mengonfirmasi adanya kasus virus corona di wilayahnya, namun melarang seluruh perjalanan lintas perbatasan dan mewajibkan semua warga asing menjalani karantina selama berminggu-minggu. Pada Maret lalu, beberapa negara termasuk Jerman dan Prancis menarik perwakilan diplomatik dari Korut dan menutup misi diplomatik di negara tersebut.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments