youtube channel

Channels

Ibu-Ibu Sulap Kain Flanel Jadi Uang Jutaan Rupiah

Ibu-Ibu Sulap Kain Flanel Jadi Uang Jutaan Rupiah

Ibu-Ibu Sulap Kain Flanel Jadi Uang Jutaan Rupiah

antvklik.com - www.antvklik.com - Sejumlah ibu rumah tangga di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, membuat kerajinan souvenir dari kain flanel. Hasil karya souvenir cantik dan ramah lingkungan ini mereka pasarkan lewat media online untuk menambah penghasilan keluarga.

Kain flanel atau felt, yaitu sejenis kain yang dibuat dari serat wol ini di tangan para ibu di Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, bisa disulap menjadi berbagai macam souvenir yang ramah lingkungan. Salah satunya Mimin, dengan berbekal modal Rp. 50.000, ibu dua anak ini berhasil mengembangkan kerajinan kain flanel menjadi souvenir cantik yang banyak diminati warga.

kain-planel-2

Cara membuat kerajinan souvenir dari kain flanel ini juga sederhana dan tidak terlalu rumit. Awalnya perajin memilih warna serta kain flanel yang halus. Kemudian kain flanel digunting sesuai ukuran yang diinginkan. Kreasi ibu rumah tangga ini sudah dilakukan hampir enam tahun. Hingga saat ini para perajin sudah mampu membuat berbagai macama jenis kerajinan tangan.

Diantara kerajinan yang telah dibuat oleh para ibu ini, diantaranya, gantungan kunci, bross, dompet, penjepit rambut, celengan dan tempat pensil. Untuk membuat kerajinan flanel ini, Mimin dibantu oleh seorang karyawannya.

Dalam membuat beraneka macam souvenir ini, dalam satu hari mereka mampu menyelesaikan satu hingga sepuluh biji kerajinan souvenir dari kain flannel.

kain-planel-3

“Untuk penjualan hasil kerja kami, selain dipasarkan di media online, kerajinan souvenir ini juga saya pajang dan dijual dirumah,” ujar Mimin salah satu perajin souvenir dari kain flannel.

Saat ini Mimin juga sudah mempunyai komunitas ibu yang membikin kerajinan souvenir dari kain flannel, agar mereka bisa berkomunikasi dan saling tukar pengalaman. Langkah ini dilakukan agar para ibu ini bisa mengembangkan usahanya pada tingkat yang maksimal.

My felt handicraft atau kerajinan flanel yang sudah dibentuk menjadi aneka macam kerajinan souvenir cantik ini dijual perajin dengan harga mulai dari Rp.1000 hingga Rp.100.000. Setiap bulannya Mimin mampu mendapatkan hasil dari penjualan kerajinan kain flanel ini mencapai jutaan rupiah.

Demikian laporan Dewi Rina Handayani dari Bojonegoro, Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments