youtube channel

Channels

Hindari Covid-19, Perantau di Jakarta Memilih Pulang ke Kampung Halaman

Hindari Covid-19, Perantau di Jakarta Memilih Pulang ke Kampung Halaman

Perantau pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Foto: ANTV/ Donal Caniago)

Puluhan perantau dari Jakarta, Sabtu dini hari (28/3/2020) tiba di kampung halamannya di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pulang kampung mernurut mereka adalah pilihan terbaik, lantaran mayoritas perantau yang pedagang ini mengeluhkan pasar sepi.

antvklik.com - Bus yang mengangkut perantau dari Jakarta diberhentikan petugas gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di perbatasan Kabupaten Agam dengan Kabupaten Padang Pariaman Sabtu dini hari (28/3/2020). Seluruh penumpang diperiksa kesehatannya, terutama suhu tubuh guna mengantisipasi penyebaran virus corona yang datang dari luar daerah.

Selain itu, petugas juga menyemprotkan disinfektan ke seluruh bagian bus agar steril. Penumpang yang merupakan perantau asal Kabupaten Agam yang bermukim di Jakarta ini memilih untuk pulang kampung lantaran khawatir dengan penyebaran virus corona. Selain itu pemudik yang rata-rata sebagai pedagang ini mengeluhkan pasar tempat mereka berjualan sepi, bahkan tidak ada pengunjung.

Meski demikian, setelah dua minggu kedepan , salah satu perantau bernama Wulan mengatakan, akan kembali ke Jakarta, jika kondisi sudah lebih baik.

“ Libur dua minggu, jadi pulang kampong, kerena terlalu berbahaya di Jakarta, “ ujar salah satu perantau, wulan.

Menurut BPBD setempat, dari beberapa bus yang diperiksa belum ditemukan adanya penumpang yang memiliki gejala mirip dengan covid-19. Petugas BPBD ini selalu disiagakan di wilayah perbatasan Sumatera Barat untuk mencegah penyebaran covid-19.

Donal Caniago | Kabupaten Agam


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments