youtube channel

Channels

Gembong Penyelundup Imigran ke Australia Ditangkap

Gembong Penyelundup Imigran ke Australia Ditangkap

Gembong Penyelundup Imigran ke Australia Ditangkap

antvklik.com - www.antvklik.com - Masalah penyelundupan imigran gelap melalui wilayah Nusa Tenggara Timur masih saja terjadi. Pihak kepolisian setempat berhasil menangkap seorang warga negara Myanmar, yang selama ini buron dalam kasus penyelundupan para imigran asal Timor Tengah ke Australia. Tersangka diringkus oleh Satuan People Smuggling Polda Nusa Tenggara Timur. Tersangka penyelundupan imigran yang ditangkap ini bernama Maung Maung Tin alias Shadiq. Dengan wajah ditutup tersangka dijaga ketat dua anggota penyidik Polda NTT.

Maung Maung Tim alias Shadiq, selama dua tahun menjadi buronan anggota Unit People Smuggling, setelah upaya penyelundupan 23 imigran asal Banglades, satu warga negara Pakistan dan satu imigran lain asal Myanmar.

Kasubdit IV Renakta Polda NTT Kompol Rudy Ledo mengatakan tersangka sudah lama menjadi DPO pihak kepolisian. “Tersangka pada tahun 2015 lalu menyelundupkan 25 orang imigran dengan tujuan Australia, dari Sinjai, Sulawesi Selatan. Dalam pelayaran secara ilegal ke Australia, perahu yang mereka gunakan terdampar di Tablolong, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Atas laporan masyarakat para imigran dan dua orang rekan tersangka MMT alias Shadiq ditangkap, sedangkan tersangka Shadiq buron, “ ujar Kompol Rudy Ledo. Dua orang rekan tersangka yang tertangkap sudah lebih dahulu menjalani menjalani proses penyelidikan dan saat ini tengah menjalani masa penahanan di Lapas Penfui, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Tersangka Muang Muang Tin alias Shadiq warga negara Myanmar yang merupakan gembong penyelundup imigran ke Australia ini akan dijerat dengan pasal 120 ayat 1 uu no 16 tahun 2011 tentang keimigrasian, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Laporan Frits Floris dari Kupang, Nusa Tenggara Timur.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments