youtube channel

Channels

Geger Temuan Tumpukan Batu Besar di Sumedang, Jejak Prabu Siliwangi?

Geger Temuan Tumpukan Batu Besar di Sumedang, Jejak Prabu Siliwangi?

Geger Temuan Tumpukan Batu Besar di Sumedang, Jejak Prabu Siliwangi?

Warga Sumedang Jawa Barat geger dengan temuan tumpukan batu-batu besar di tengah hutan. Mereka menduga, tumpukan batu itu adalah puing-puing bekas kerajaan atau jejak Prabu Siliwangi.

Warga Desa Nagrak Kecamatan Buah Dua, Kabupaten Sumedang Jawa Barat dikejutkan dengan penemuan ribuan batu berukuran besar yang di tengah hutan. Batu-batu itu berbentuk persegi panjang dan kubus.

Salah satu batu berbentuk persegi panjang (ANTV/Lutfi)

Aparat gabungan kemudian meninjau lokasi penemuan batu-batu besar. Ternyata batu-batu itu terhampar hingga areal sepanjang seratus meter. Diduga masih ada batu-batu besar lainnya yang terkubur dalam tanah.

Tidak jauh dari tumpukan batu besar itu terdapat sungai kecil yang airnya mengalir deras.

Lokasi penemuan tumpukan batu dekat sumber air (ANTV/Lutfi)

Kepala Desa Nagrak Erin Kunvana mengatakan, batu-batu itu ditemukan warganya saat membuka jalan ke areal perkebunan. Lokasinya berada di antara tanah milik perkebunan wara dan tanah kas desa.

"Ada sebagian warga yang menceritakan ada tumpukan batu yang unik. dengan tinggi 10 meter dan panjang mencapai 100 meter. Konon katanya, ini adalah legenda Sangkuriang. Ada juga yang menyebut Prabu Siliwangi," kata Erin.

Areal tumpukan batu sepanjang 100 meter (ANTV/Lutfi)

Sementara, Camat Buahdua Tono Suhartono mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait termasuk dari geologi guna meneliti lebih lanjut batu-batu ini.

"Cuma dari cerita orangtua ada semacam legenda pernah jadi petilasan Prabu Siliwangi, tapi ya kebenaran atau tidaknya saya juga tidak bisa memastikan," katanya.

Tono menambahkan, berhubung sebagian lokasi bebatuan besar ini berada di tanah kas desa, jika memungkinkan akan dapat dijadikan salah satu obyek wisata baru di Sumedang.

Lutfi Setia Rafsanjani I Sumedang, Jawa Barat

Baca Juga


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments