youtube channel

Channels

Gedung Putih Mencekam, Demonstran Bentrok dengan Polisi

Gedung Putih Mencekam, Demonstran Bentrok dengan Polisi

Massa membakar berbagai benda saat bentrok dekat Gedung Putih di Washington DC. AS (Foto: Reuters)

Demonstrasi menuntut keadilan atas kematian warga kulit hitam di Minneapolis, Amerika Serikat (AS) terus meluas. Bahkan kondisi Gedung Putih mencekam setelah demonstran bentrok dengan polisi.

Bentrokan kembali terjadi dekat Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Minggu (1/6/2020) malam waktu setempat.Lebih dari 1.000 orang memadati lapangan Lafayette mencoba menerobos barikade polisi di seputar Gedung Putih, yang menjadi kediaman Presiden Donald Trump.Polisi pun mencoba menghalau massa dengan tembakan gas air mata dan semprotan merica.

Sejumlah kendaraan sempat dibakar massa. Bahkan massa juga menyulut api ke beberapa bangunan, termasuk Gereja St John yang bersejarah.

Massa demonstran mencoba mendekati Gedung Putih (Foto Reuters)

Petugas pemadam kebakaran pun dengan cepat memadamkan api hingga kobaran api dengan cepat berhasil dipadamkan.

Pada Jumat lalu, demonstrasi di seputar Gedung Putih juga sempat mencekam. Bahkan, saking cemasnya, satuan pengawal Presiden yang tergabung dalam Secret Service sempat membawa Presiden Donald Trump bersembunyi di bunker bawah tanah.

Gelombang demonstrasi menuntut keadilan atas kematian warga kulit hitam George Floyd di Minneapolis, telah meluas kemana-mana. Bahkan puluhan kota sudah memberlakukan jam malam karena sudah terjadi kerusuhan saat demonstrasi.

Washington Post.com, Reuters


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments