youtube channel

Channels

Enam Penyebab Masalah Kulit Bruntusan

Enam Penyebab Masalah Kulit Bruntusan

Enam Penyebab Masalah Kulit Bruntusan

antvklik.com - www.antvklik.com - Hampir semua perempuan pasti pernah mengalami kulit beruntusan. Sebenarnya bruntusan adalah salah satu jenis jerawat atau whiteheads. Biasanya beruntusan atau whiteheads bisa timbul karena adanya penumpukan minyak, sel kulit mati, dan juga bakteri yang muncul kepermukaan kulit. Selain itu, bruntusan tidak hanya muncul satu atau dua saja, tapi bisa juga bisa muncul dengan jumlah banyak di satu area.

Buat ANTV Lovers yang belum memiliki cukup informasi atas masalah bruntusan ini, kami sajikan enam fakta dari masalah tersebut, supaya kamu bisa menghindarinya.

1. Adanya perubahan hormon

Salah satu penyebab dasar dari tumbulnya jerawat adalah karena faktor perubahan hormon yang ada di dalam tubuh. Perubahan hormon yang ada di dalam tubuh ini, bisa sangat mempengaruhi timbulnya jerawat pada wajah. Perubahan hormonal yang paling besar terjadi pada manusia, adalah ketika memasuki usia remaja.

2. Stress

Faktor pemicu timbunya jerawat bruntusan yang seanjutnya adalah stress. Memikirkan sesuatu terus menerus hingga, merupakan salah satu penyebab strees yang mampu mempengaruhi kinerja tubuh juga. Sehingga, menyebabkan nutrisi untuk kulit pun bisa berkurang.

Setelah kulit kekurangan nutrisi, maka kemungkinan besar segala macam masalah kulit mulai muncul, termasuk bruntusan tadi.Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa mengambil manfaat seledri untuk membantu menutrisi kulit wajah. Atau, kamu juga bisa memanfaatkan ari garam untuk memberi efek rileks pada kulit wajah.

Selain seledri dan garam, kamu juga harus bisa mengendalikan emosi, supaya terhindari dari masalah kulit bruntusan. So, jangan mudah stress ya.

3. Kulit wajah tidak bersih

Penyebab kulit wajah tidak bersih, tentunya bisa terjadi jika kamu malas untuk cuci muka dengan air bersih atau bisa juga dengan menggunakan pembesih wajah. Karena, jika kamu membiarkan kulit wajah kotor, maka kamu bisa dengan mudah terinfeksi oleh bakteri yang berasa dari kotoran yang menempel di kulit wajah.

Nah, infeksi bakteri bukan cuma bikin wajah kamu bruntusan, tapi juga gatal dan kemerahan. Dan jika kulit wajah gatal dan kemerahan, kamu bisa memanfaatkan oatmeal sebagai pereda rasa gatal dan kemerahan.

4. Kulit Berminyak

Pori- pori bisa tersumbat, jika kulit memproduksi minyak berlebihan di wajah. Karena, kelenjar minyak yang terlalu aktif, bisa memungkinkan kotoran, kuman dan bakteri cepat menempel ke kulit wajah. Carilah cara untuk mengatasi kulit berminyak, supaya masalah bruntusan dapat teratasi.

5. Kosmetik

Seringkali kita memakai kosmetik bukan karena fungsinya, tetapi hanya karena mengikuti tren terbaru. Sehingga, kamu perlu menyelidiki kandungan kosmetik yang akan kita coba. Karena, kamu bisa tahu apakah kosmetik itu cocok dengan wajah, atau tidak.

Untuk itu, kamu juga harus menghindari bahan kosmetik yang berbahaya, seperti bahan pemutih. Karena, jika dipakai akan akan menimbulkan reaksi alergi pada kulit wajah, seperti bruntusan. Selain pemilihan bahan, kamu juga harus bisa menghindar dari pemakaian makeup tebal, yang dapat membuat kulit kamu sulit ‘bernapas’.

6. Makanan Bergizi

Kurang makanan bergizi, dan senang makan yang mengandung kolesterol tinggi seperti gorengan dan makanan bersantan, juga punya andil dalam masalah bruntusan di wajah. Karena, makanan-makanan tersebut, bisa mempengaruhi produksi minyak di wajah.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments