youtube channel

Channels

4 Merek Mobil akan Masuk Indonesia, Apa Saja?

4 Merek Mobil akan Masuk Indonesia, Apa Saja?

4 Merek Mobil akan Masuk Indonesia, Apa Saja?

- Kesempatan untuk masuk ke pasar Indonesia bagi perusahaan asing di berbagai sektor, ternyata direspon cepat oleh merek-merek mobil dari perusahaan otomotif.

antvklik.com - Pemerintah memang tengah membuka pintu lebar-lebar kesempatan bagi perusahaan-perusahaan demi meningkatkan ekonomi negara.

“Sebenarnya kalau sekarang itu kami membuka dan memberikan kesempatan sesuai dengan peraturan Kemenperin nomor 34 tahun 2017 dan Peraturan Kemenperin nomor 5 tahun 2018," ujar Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan, Putu Juli Ardika, belum lama ini di Jakarta.

"Kami membuka perusahaan industri otomotif untuk mencoba produksi dalam negeri dalam bentuk CKD dan IKD. Kenapa ini kita lakukan, pertama bahwa kita itu punya kapasitas produksi 2,4 juta unit kendaraan dan kita baru pakai 1,2 juta kendaraan, itu baru setengahnya dimanfaatkan."

"Jika utilisasi skala ekonomi naik ini kan akan bersaing, ya dia (perusahaan otomotif) coba di sini selebihnya itu ditujukan untuk ekspor,” tambahnya.

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai merek mobil apa saja yang sudah siap masuk Indonesia, Putu menolak untuk membeberkannya lebih dalam. Dirinya beralasan bahwa itu merupakan rahasia dan tidak bisa dibocorkan ke publik saat ini.

“Sampai saat ini banyak [merek mobil] yang ingin dan sudah melakukan kajian-kajian, ya mudah-mudahan segera masuk beberapa industri otomotif. Saya enggak bisa katakan dari merek mana saja, tapi sudah banyak. Kita belum bisa bocorkan masih rahasia,” tutur Putu.

Sebatas pengetahuan Putu memang sudah ada empat perusahaan otomotif atau merek mobil besar yang melakukan pembicaraan termasuk dari China.

Namun, dirinya menambahkan bahwa keempatnya belum termasuk perusahaan yang datang langsung dan melakukan pembicaraan ke Menteri Perindustrian dan Direktur Jenderal Kemenperin.

Secara terpisah, Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengaku belum mengetahui mengenai akan masuknya merek mobil baru ke Indonesia.

“Setahu saya untuk tahun ini belum ada (merek baru), saya yakin,” katanya di Arena GIIAS di ICE, BSD City, Tangerang beberapa waktu lalu.

Disinggung ada empat perusahaan otomotif yang bakal masuk pasar dalam Negeri antara lain dari China dan Rusia, Nangoi kembali menjawab tidak tahu.

“Saya enggak tahu karena data-datanya tidak pegang,” katanya seperti ANTVklik kutip dari Carmudi.

Berdasarkan rumor yang beredar setidaknya ada empat merek mobil yang berencana masuk ke pasar otomotif Indonesia.

Keempat merek tersebut adalah BYD dan Foday asal China, sedangkan dua lainnya berasal dari Rusia yakni Lada dan Gaz.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments