youtube channel

Channels

Dunia Masih Sibuk Perangi Virus Corona, Korea Utara “Mainan” Rudal Lagi

Dunia Masih Sibuk Perangi Virus Corona, Korea Utara “Mainan” Rudal Lagi

Foto: Dok. peluncuran rudal balistik

Korea Utara Kembali bikin geger dunia saat wabah virus corona tengah melanda. Setelah di awal bulan ini melakukan ujicoba peluncuran rudal, Kim Jong Un kembali menembakkan dua rudal ke arah laut Jepang.

antvklik.com - Diberitakan SwissInfo, Sabtu (21/3/2020) berdasarkan informasi dari militer Korea Selatan, tetangganya itu baru saja meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek dari Provinsi Pyongan menuju arah timur laut atau ke arah laut Jepang.

Rudal milik Kim Jong Un itu terbang sejauh lebih dari 410 kilometer dengan ketinggian maksimum sekitar 50 kilometer.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan Korut meluncurkan apa yang tampak sebagai objek seperti rudal balistik. Menurutnya tidak ada indikasi apa pun yang turun di wilayah Jepang atau zona ekonomi eksklusifnya.

Awal bulan ini, Korut juga sudah 2 kali melakukan peluncuran serupa. Pyongyang berdalih mereka melakukan latihan "artileri jarak jauh", tetapi Jepang meyakini proyektil itu adalah rudal balistik.

Peluncuran rudal dilakukan saat jeda dalam rangka pembicaraan perlucutan senjata nuklir yang sudah dibicarakan dengan Amerika Serikat. Menurut para pengamat, Korea Utara terus memperbaiki kemampuan senjatanya, setahun setelah pertemuan puncak antara pemimpinnya Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump gagal di Hanoi.

Penembakan dua rudal terjadi beberapa minggu setelah Kim mengirim surat pribadi ke Presiden Moon di Korea Selatan, menawarkan bantuan untuk menangani wabah corona virus di negara itu.

Pada saat itu, Korea Selatan adalah negara yang paling terpukul oleh virus di luar China, tetapi Seoul kini telah mengendalikan wabah. Sementara Pyongyang menegaskan belum memiliki satu kasus pun.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments