youtube channel

Channels

Dua Periode Menstruasi Dalam Satu Bulan? Kenali Penyebabnya

Dua Periode Menstruasi Dalam Satu Bulan? Kenali Penyebabnya

Dua Periode Menstruasi Dalam Satu Bulan? Kenali Penyebabnya

antvklik.com - - ANTVLovers setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Akan tetapi pada umumnya, menstruasi datang dalam siklus 21-35 hari dan berlangsung 3-6 hari. Dan terkadang masa itu bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dari periode menstruasi sebelumnya. Tapi pernahkan Anda mengalami dua siklus menstruasi dalam satu bulan? Dilansir dari steptohealth.com, kecuali untuk kasus yang sangat tidak biasa, memiliki dua siklus menstruasi dalam satu bulan bisa menjadi pertanda kondisi medis yang serius dan perlu segera mendapatkan pertolongan medis.

Periode Menstruasi

Jika Anda mungkin menemukan beberapa kelainan pada siklus menstruasi normal Anda, misalnya munculnya bercak ringan yang menimbulkan kecurigaan bahwa Anda memiliki dua siklus menstruasi dalam satu bulan. Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah memastikan kecurigaan Anda tersebut yaitu dengan memeriksa apakah dalam beberapa jam Anda mengalami perdarahan atau tidak, karena terkadang seorang wanita mengalami bercak saat mereka berada dalam trimester pertama kehamilan.

Penyebab dua periode menstruasi

Periode Menstruasi

Penting bagi seorang wanita untuk memperhatikan siklus menstruasi mereka untuk mengetahui apakah interval tersebut normal bagi tubuh mereka ataukah tidak. Jika tanpa alasan yang jelas interval tersebut lmenjadi pendek tiba-tiba, salah satu alasan berikut mungkin menjadi penyebabnya :

Hipertiroidisme ( suatu kondisi di mana kelenjar tiroid melepaskan lebih banyak hormon tiroid dari yang dibutuhkan oleh tubuh )

Awal menopause

Masa pubertas

Fibroid rahim ( pertumbuhan sel yang tidak normal pada rahim atau uterus )

Stress

Penurunan atau kenaikan berat badan yang ekstrem

Kelahiran

Kondisi medis lainnya

Mereka yang memiliki riwayat keluarga fibroma, kista, atau menpause dini lebih mungkin mengalami dua periode menstruasi dalam satu bulan.

Adakah komplikasi yang timbul akibat kondisi ini?

Mereka yang biasa memiliki siklus reguler lalu mengalami dua kali siklus menstruasi dalam satu bulan bisa menjadi pertanda kondisi medis tertentu. Dalam beberapa kasus, kondisi ini bisa menyebabkan anemia yang biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti kelelahan, sakit kepala, pusing, detak jantung yang tidak teratur, serta kelemahan. Biasanya dokter akan memeriksa tekanan darah dan beberapa tes lainnya untuk mengetahui penyebab perdarahan tersebut dan menentukan ltindakan medis selanjutnya.

Kontributor: Sumarti


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments