youtube channel

Channels

Covid-19 Belum Reda, India Mulai Longgarkan Lockdown

Covid-19 Belum Reda, India Mulai Longgarkan Lockdown

Suasana Kota New Delhi, India (Foto: Reuters)

Meski pandemi Covid-19 belum reda, India mulai longgarkan lockdown di sebagian wilayah. Saat ini India berada di urutan ke-10 kasus Covid-19 tertinggi di dunia.

antvklik.com - Tanda-tanda dimulainya kembali kegiatan ekonomi tampak dan doa-doa dipanjatkan ketika toko-toko di ibu kota New Delhi dibuka kembali secara bertahap setelah lockdown secara ketat selama dua bulan.

Pasar dibuka kembali setelah pemerintah mengisyaratkan akan memulai kembali kegiatan ekonomi, meski upaya melawan virus corona terus berlanjut.

Para pemilik toko, yang berharap dapat mulai bangkit kembali dari kerugian ekonomi akibat penutupan selama berminggu-minggu, telah menetapkan aturan-aturan baru untuk mengatasi pandemi ini.

Deru lalu lintas mulai terdengar di jalan-jalan yang sebelumnya sepi, setelah bus dan angkutan umum lainnya diijinkan beroperasi.

Namun pengenduran aturan lockdown hanya berlaku di sebagian wilayah kota. Sejumlah pusat perbelanjaan, restoran, sekolah dan kampus masih tutup.

Sementara kantor-kantor membatasi jumlah staf yang bekerja. Jumlah pasar yang buka setiap hari juga hanya separuh. Ini semua untuk mencegah meluasnya perebakan virus mematikan itu.

Jumlah populasi penduduk di New Delhi mencapai 20 juta jiwa atau dua kali lipat dari populasi penduduk Jakarta.

Namun, warga Delhi masih ragu untuk benar-benar aktif kembali seiring naiknya jumlah penderita virus corona dalam beberapa hari terakhir. Ini karena 10 persen dari total kasus positif di India, ada di New Delhi.

Berdasarkan data Worldometers, hingga Senin (25/5/2020) pagi, sudah 138.536 kasus positif corona di India atau yang tertinggi ke-10 dunia.

Dalam 24 jam terakhir saja, masih terjadi penambahan kasus baru hingga 7.113 orang.

Sementara korban meninggal sebanyak 4.024 orang atau tertinggi ke-15 di dunia.

VOA Indonesia


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments