youtube channel

Channels

Pelajari Cara Mengolah Makanan Sehat, Biar Tidak Salah Diet

Pelajari Cara Mengolah Makanan Sehat, Biar Tidak Salah Diet

Pelajari Cara Mengolah Makanan Sehat, Biar Tidak Salah Diet

antvklik.com - - Pelajari cara mengolah makanan sehat untuk menyusun menu diet yang tepat. Jika salah dalam mengolah makanan sehat, bukan tubuh fit yang didapat, justru kenaikan berat badan yang tidak terkontrol akan jadi hasilnya.

Saat ini orang berbondong-bondong menjalankan program hidup sehat. Mulai dari berolahraga hingga mengatur makanan yang dikonsumsi. Bagi mereka yang tengah menjalankan program hidup sehat, pasti lebih memilih untuk mengkonsumsi dada ayam, dibanding paha ayam, yang kandungan lemaknya lebih tinggi.

Tapi ternyata, ada banyak loh makanan ‘sehat’ yang justru jadi berkurang manfaatnya, jika salah cara mengolah dan menyajikannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengolah makanan sehat. Yuk, kita pelajari bersama.


  • Sayuran dan buah

Sayuran dan buah adalah makanan yang sudah kita ketahui bersama manfaatnya. Buat mereka yang sedang diet, sayuran dan buah menjadi senjata andalan untuk mengganjal rasa lapar. Namun, sadarkah anda seringkali melakukan kesalahan dalam mengolah makanan sehat yang satu ini.

Mengkonsumsi buah dan sayur yang disajikan dalam bentuk salad dengan tambahan mayonaise atau bahkan keju, bukan mendatangkan manfaat, justru akan menambah masalah kesehatan anda.

Satu sendok mayonaise saja mengandung 100 kalori. Jika mengkonsumsinya secara berlebihan, bisa-bisa lingkar pinggang anda bertambah dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes.

Cara mengolah makanan sehat sayuran dan buah yang paling tepat adalah dengan menyajikannya segar apa adanya. Untuk variasi, anda bisa menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis di atas salad anda.


  • Ubi Jalar

Mengolah makan sehat yang satu ini, juga tidak boleh sembarangan. Untuk mengkonsumsi ubi jalar, sebaiknya anda merebusnya terlebih dulu. Atau bisa juga disantap mentah dengan tambahan bumbu rujak. Nikmat bukan?

Jadi lupakan kebiasaan menyajikan ubi dengan cara digoreng. Karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalam ubi bisa hilang, setelah bertemu dengan minyak panas.

Ubi jalar sendiri memiliki kandungan serat, beta karoten, vitamin C, asam folat dan potasium. Ubi jalar sendiri punya kandungan 100 kalori, yang bisa membuat anda kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi pastikan anda mengolah makanan sehat ini secara tepat ya.


  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang merupakan minyak yang baik untuk kesehatan jantung, karena kaya akan lemak tak jenuh. Namun, karena manfaatnya yang besar, banyak orang yang justru mengkonsumsinya secara berlebihan.

Padahal selain mengandung lemak tak jenuh, minyak zaitun juga memiliki kalori yang cukup tinggi, yaitu 477 kalori dan 54 gram lemak. Jumlah ini setara dengan satu mangkok mie bakso.

Jadi untuk mengolah makanan sehat ini, tidak perlu berlebihan. Konsumsilah minyak zaitun tidak lebih dari 2 sendok makan perharinya.


  • Gandum

Mampu menurunkan kadar kolesterol menjadikan gandum sebagai makanan sehat favorit banyak orang. Namun, banyak juga orang yang suka mengkonsumsi gandum olahan, yang berwarna cerah dan cenderung lebih lembut.

Padahal gandum utuh dengan warna gelap dan tekstur yang kasar jauh lebih baik untuk tubuh anda. Tapi ingat cara mengolah makanan sehat yang satu ini juga jangan sampai salah. Jangan mengolah makanan sehat ini dengan aneka daging olahan, mayonais dan keju. Alhasil, gandum yang seharusnya sehat malah jadi memiliki kandungan lemak dan sodium yang tinggi, seperti junk food.

Mengolah makanan sehat ini dengan olesan selai kacang secukupnya atau madu bisa anda gunakan sebagai pendamping gandum utuh agar lebih lezat. Tapi ingat yaa, jangan berlebihan karena madu juga mengandung kalori yang tinggi.

Nah, setelah mengetahui cara mengolah makanan sehat, jangan sampai salah lagi ya. Agar hidup sehat dan tubuh yang fit, bisa segera anda miliki.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments