youtube channel

Channels

Cabai Mahal, Ungguli Harga Daging

Cabai Mahal, Ungguli Harga Daging

Cabai Mahal, Ungguli Harga Daging

www.antvklik.com - Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi di berbagai daerah, sangat berpengaruh pada produksi pertanian. Salah satu produksi pertanian yang terganggu dengan kondisi cuaca buruk ini adalah cabai. Harga cabai dari hari ke hari terus melonjak, akibat para petani banyak yang gagal panen.

antvklik.com - Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Mojokerto, Jawa Timur, terus melejit dan telah mengungguli harga daging yang hanya Rp 120 ribu per kilogram. Saat ini harga cabai rawit di pasaran dijual pedagang di kisaran harga Rp. 140 ribu per kilogram. Akibat terus melonjaknya harga cabai ini, pedagang mengaku sepi karena banyak konsumen yang mengurangi jumlah pembelian.

Dalam sepekan terakhir harga cabai rawit di pasar Tanjung Anyar, Kota Mojokerto, terus melejit. Meski sempat mengalami penurunan, harga cabai rawit saat ini telah menembus Rp 140 ribu perkilogram. Tak bisa dipungkiri kini harga cabai rawit telah menggungguli harga daging sapi yang merupakan jenis komoditas dengan harga tertinggi. Saat ini harga daging sapi di pasaran pada kisaran harga Rp. 120 ribu per kilogram.

Semakin melejitnya harga cabai rawit ini sangat dikeluhkan para konsumen yang terpaksa harus mengurangi jumlah pembelian cabai.

Semula biasa membeli satu kilogram, kini dikurangi menjadi sepermpat kilogram saja. Bahkan, ada yang beralih ke cabai merah besar yang harganya relatif normal. Saat ini cabai merah besar dijual pedagang di kisaran harga Rp. 36 ribu per kilogram.

”Saya sekarang lebih banyak menggunakan cabai merah besar, karena harganya lebih murah, ” ujar seorang pembeli di Pasar Tanjung Anyar, Mojokerto.

Selain konsumen, melejitnya harga cabai rawit ini juga dikeluhkan oleh para pedagang, karena omset menurun. Banyak konsumen yang mengurangi jumlah pembelian cabai rawit, karena harganya yang sangat mahal.

Diperkirakan harga cabai rawit di pasaran akan semakin melambung, seiring dengan semakin berkurangnya jumlah pasokan cabai rawit di pasaran, akibat kondisi cuaca buruk, yang mengakibatkan para petani gagal panen.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments