youtube channel

Channels

Pasca Dihentikan Sementara, Bus Salawat Beroperasi Kembali

Pasca Dihentikan Sementara, Bus Salawat Beroperasi Kembali

Pasca Dihentikan Sementara, Bus Salawat Beroperasi Kembali.

antvklik.com - - Setelah sempat dihentikan, bus salawat kembali beroperasi di Mekah Arab Saudi Sabtu (25/8). Bus salawat adalah bus yang mengantarkan jemaah dari penginapan ke Masjidil Haram atau sebaliknya.

Kepala Bidang Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Subhan Cholid mengatakan, layanan bus salawat tak langsung berjalan normal. Operasionalnya digelar secara bertahap.

“Alhamdulillah, yang bermuara pada Terminal Syib Amir tak mengalami masalah berarti,” kata Subhan, Minggu (26/8).

Rute Ajyad juga sudah berjalan dari penginapann ke terminal terdekat Masjidil Haram. Jemaah dapat menumpanginya tanpa menghadapi kendala.

Subhan mengungkapkan, sempat terjadi kendala terhadap bus-bus yang bermuara di Bab Ali. Kendala itu di saat bus rute Syib Amir dan Ajyad sudah kembali beroperasi mulai pagi hari sehari setelah hari tasyrik.

Sementara bus yang bermuara di Terminal Bab Ali belum beroperasi. Penyebabnya adalah terowongan Mahbas Jin dan area terminal Bab Ali yang dipadati jemaah haji.

“Kalau bus sudah beroperasi di sana, maka kepadatan luar biasa akan terjadi. Hal ini akan berdampak pada kenyamanan dan keamanan jemaah,” ucap Subhan.

Aparat Arab Saudi baru membuka kembali akses menuju Bab Ali pada Sabtu (25/8) sore. Penghalang jalan dibuka dan kendaraan bermotor dapat langsung melintas menuju pemberhentian yang berdekatan dengan Pintu Marwah Masjidil Haram.

Ada empat rute yang bermuara pada Terminal Bab Ali, yakni Aziziah Janubiah-Jamarat. Kemudian Aziziah Syimaliah 1-Jamarat. Selanjutnya Aziziah Syimaliah 2-Jamarat dan Jamarat-Mahbas Jin-Bab Ali.

Berikutnya adalah enam rute bus yang bermuara di Syib Amir: Syisyah-Syib Amir, Syisyah Raudhah-Syib Amir, Syisyah 1-Syib Amir dan Syisyah 2-Syib Amir. Lainnya adalah Raudhah-Syib Amir dan Biban Jarwal-Syib Amir.

Sisanya adalah bus-bus yang bermuara di Terminal Ajyad yakni rute Misfallah Nakkasah-Ajyad dan rute Rei Bakhsy-Ajyad. Rute terakhir merupakan kawasan yang baru dimanfaatkan untuk permukiman jemaah haji Indonesia tahun ini. Sebagian permukiman di sana ditempuh dengan jalur yang sedikit menanjak.

Laporan: Ihsan Salam dari Arab Saudi.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments