youtube channel

Channels

Budidaya Belimbing Madu, Untung Jutaan Rupiah

Budidaya Belimbing Madu, Untung Jutaan Rupiah

Budidaya Belimbing Madu, Untung Jutaan Rupiah

www.antvklik.com -Seorang anggota polisi sukses membudidayakan belimbing madu di kawasan perbukitan kapur di Tuban, Jawa Timur. Memanfaatkan lahan seluas 700 meter persegi di belakang rumah, ia mampu meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

antvklik.com - Setiap hari Aiptu Sri Welas, anggota Babin Kamtibmas dari Kepolisian Sektor Kerek, sibuk mengurusi tanaman belimbingnya sepulang dari bekerja sebagai pengayom masyarakat. Pria 54 tahun ini mengatur waktunya agar sempat mengecek kebun seluas 700 meter persegi yang berada di belakang rumahnya di Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Di kebunnya ini terdapat sekitar 150 pohon belimbing jenis madu montong yang dikembangkan sendiri. Sri Welas membudidayakan pohon buah ini sejak delapan tahun silam.

Disela-sela kesibukannya sebagai abdi negara, Sri Welas merintis usahanya sendiri. Bapak lima anak ini hanya dibantu seorang pekerja untuk mengurus area kebun. Kini ia tinggal memetik hasilnya. Dari pohon belimbing ini rutin berbuah dan mampu panen empat kali dalam setahun. Setiap panen, Sri Welas bisa mendapatkan sekitar empat ton buah belimbing berkualitas bagus. Pemasaran belimbung madu ini pun tidak sulit, karena tergolong buah yang banyak digemari orang.

Selain itu tak sedikit para pemborong buah yang datang sendiri saat masa panen tiba. Harga belimbing madu montong ini pun lumayan, Rp12.000 per kilogram. Jadi setiap panen Sri Welas mampu meraup omzet sekitar Rp 48 juta.

Sri Welas mengatakan sebagai orang kampung, ia sudah tak asing dengan pekerjaan sebagai petani.

”Kemampuan saya dalam berkebun memang sudah ada sejak kecil, karena hidup dalam keluarga petani, sehingga sudah biasa bercocok tanam, ” ujar Sri Welas.

Belimbing madu montong yang banyak diburu pecinta buah ini sesuai dengan namanya, buah belimbing ini memiliki rasa khas manis seperti madu. Keberadaan kebun belimbing madu milik Sri Welas di kawasan perbukitan kapur ini cukup bermanfaat bagi warga sekitar, termasuk bagi para pelajar. Pihak sekolah kerap mengagendakan kunjungan ke kebun belimbing ini, agar siswa dapat belajar tentang alam dan cara bercocok tanam.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments