youtube channel

Channels

Buah Semangka dari Langkat

Buah Semangka dari Langkat

Buah Semangka dari Langkat

www.antvklik.com - Meski tergolong tanaman yang sulit dalam perawatannya, namun tanaman semangka masih saja menjadi primadona bagi sejumlah petani di berbagai daerah. Selain rasanya yang manis harga jualnya juga ikut manis.

Salah satu sentra penanaman semangka terdapat di Desa Perdamaian, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Di areal seluas lebih dari satu hektar ini, para petani di Kecamatan Stabat menanam semangka selama tiga musim dalam setahun.

Semangka dipilih karena komoditas ini banyak peminatnya, meski dalam proses tanamnya sedikit susah karena membutuhkan banyak air. Selain itu, harga komoditas semangka saat ini sedang melejit.

Saat ini harga semangka non biji dijual seharga Rp 4000 perkilogram di tingkat petani, sedangkan untuk semangka biji dijual seharga Rp 2000 perkilogramnya.

Dalam satu hektar lahan, panen semangka dapat mencapai lebih dari 10 ton semangka. Di musim tanam saat ini, permintaan semangka asal Kabupaten Langkat terus meningkat.

Seluruh hasil panen semangka dipasarkan hingga ke Kota Medan. Saat ini para petani di Langkat mulai memanen semangka untuk putaran kedua setelah panen pertama dilakukan pada dua pekan yang lalu.

Menurut petani, harga semangka akan semakin manis menjelang masuknya bulan puasa Ramadhan mendatang.

“Saat ini para petani semangka akan memulai masa tanam semangkanya, yang akan dipanen sebelum puasa Ramadhan mendatang. Nah saat itu merupakan waktu yang tepat untuk panen, “ ujar Ita, salah satu petani semangka.

Nah, Bagi anda yang memiliki lahan pertanian yang luas, bisa saja Anda mencoba untuk bertanam semangka, mulai dari sekarang, agar masa panennya tepat waktu juga seperti petani lannya, yakni di bulan suci Ramadhan.

Demikian laporan Taufik Hidayat dari Langkat, Sumatera Utara.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments