youtube channel

Channels

Jasa Marga Ambil Sampel Tanah Longsor di Sekitar Tol Cipularang

Jasa Marga Ambil Sampel Tanah Longsor di Sekitar Tol Cipularang

Petugas sedang melalkukan bor sondir. (ANTV/Endra Kusumah).

Jasa Marga melakukan pengeboran sondir untuk mengambil sampel tanah terkeras lahan longsor di sisi kanan dan kiri Tol Cipularang, Jawa Barat.

antvklik.com - Pembenahan longsor oleh PT. Jasa Marga, salah satunya dengan melakukan pengeboran sondir pada areal longsor sisi kanan dan kiri Tol Cipularang KM 118+600 ruas Bandung-Jakarta, Kampung Hegarmanah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020).

Menurut Rian, petugas Jasa Marga, pengeboran sondir guna mengetahui karakter tanah di lokasi longsor. Setelah mengambil sampel sebagian tanah terkeras di lahan tersebut, akan membawanya ke laboratorium guna diperiksa tingkat kekerasan tanah.

“Rencananya 15 (pengeboran sondir) titik untuk mencari kekerasan tanahnya di beberapa meter, gitu. Dari kemarin (Senin, 17/2/2020) sudah 7 titk,” ujarnya.

Nantinya, hasil laboratorium akan digunakan oleh Jasa Marga untuk mengambil langkah pasti pencegahan terjadinya kembali longsor.

Selain itu, sejumlah petugas sedang menyedot air yang menggenangi lahan longsor dengan menggunakan pompa air. Tujuannya, mengurangi terus genangan air, agar keamanan lahan yang longsor bisa tetap terjaga.

Endra Kusumah | Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat


icon featured

Popular

icon featured

Comments