youtube channel

Channels

Siapa Sangka Bulu Domba Dapat Menguntungkan Jutaan Rupiah

Siapa Sangka Bulu Domba Dapat Menguntungkan Jutaan Rupiah

Siapa Sangka Bulu Domba Dapat Menguntungkan Jutaan Rupiah

antvklik.com - - Pada saat hari raya kurban, bulu domba biasanya hanya menjadi limbah yang tak terpakai, namun tidak untuk warga Banjarnegara, Jawa Tengah, limbah bulu domba justru mendatangkan ide bisnis yang cukup menguntungkan. Limbah bulu domba disulap menjadi kerajinan aneka boneka yang unik unik dan lucu.

Sekilas tak ada bedanya boneka-boneka ini dengan boneka pada umumnya, namun siapa sangka kalau boneka ini terbuat dari bulu hewan domba yang dirangkai menjadi beragambentuk tokoh kartun.

Ide kreatif ini datang dari Taufik, warga desa Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Melihat banyaknya limbah bulu hewan domba disekitar rumahnya, dirinya pun memilik ide untuk memanfaatkannya dan menjadikan lahan bisnis menguntungkan.

Proses pembuatannya pun tergolong cukup mudah dan murah, limbah bulu hasil pencukuran dari peternakan domba disekitar rumahnya. Bulu yang Taufik dapatkan biasanya ia kumpulkan dan dicuci bersih kemudian dijemur hingga mengering.

Setelah selesai dijemur, bulu yang sudah kering masuk kedalam tahap pembentukan. Agar rapi dan memudahkan saat dibentuk, sebelumnya bulu domba yang telah kering digiling menggunakan alat buatannya sendiri, kemudian lakukan pewarnaan bulu sesuai dengan selera.

Setiap harinya, Taufik dibantu oleh 5 orang karyawan dari ibu-ibu rumah tangga, hampir setiap hari Taufik dapat memproduksi boneka tersebut yang siap dijual.

Untuk harga bonekanya pun bermacam-macam, mulai dari harga 5 ribu hingga seratus ribu rupiah. Harga boneka dibandrol tergantung besar kecil ukuran dan tingkat kerumitan pembuatan.

Tak hanya boneka, Taufik juga memproduksi gantungan kunci, hingga souvenir souvenir mungil yang dijual dikawasan wisata dieng dari bahan bulu domba.

Dalam sehari Taufik mampu memproduksi hingga 50 boneka dan souvenir dengan berbagai ukuran.

Berkat ide kreatifnya, dalam sebulan taufik mampu mendapat keuntungan hingga 4 juta rupiah, dan mampu menjual kurang lebih 200 kerajinan bulu domba dalam sebulan.

Bagi anda yang memiliki banyak bulu domba disekitar lingkungan anda, tak ada salahnya mencoba mengolahnya menjadi aneka kerajinan yang bernilai, siapa tahu mungkin bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments