youtube channel

Channels

Bemburu Madu Hutan Asli Sumbawa

Bemburu Madu Hutan Asli Sumbawa

Bemburu Madu Hutan Asli Sumbawa

antvklik.com - - Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, sangat terkenal dengan madu nya yang asli dan melimpah. Sebagaian warga di perdesaan Sumbawa, bahkan memanfaatkan madu, sebagai penghasilan tambahan untuk dijual dan menambah biaya hidup keluarga. Warga Dusun Tabose, Desa Mama, Kecamatan Lopok ini, dengan membawa peralatan lengkap seperti wadah dari ember, jerigen dan tali, bersiap-siap masuk ke dalam hutan dan perbukitan desa setempat untuk berburu Madu Sumbawa.

Umumnya warga di perdesaan di wilayah Kabupaten Sumbawa ini, berangkat ke hutan secara berkelompok untuk mengambil madu lebah. Salah satunya di Dusun Tabose ini, warga secara bersama sama mengambil madu dan hasilnya akan dibagi rata. Para pemburu madu ini, menempuh medan yang cukup sulit di kawasan hutan dan perbukitan di Desa setempat. Untuk menemukan sarang lebah yang berukuran besar, mereka harus berjalan kaki selama 30 menit hingga satu jam ke dalam hutan.

Diperjalanan, warga biasanya berjalan sembari melihat tanda-tanda salah satunya kotoran lebah yang menempel di tanah atau bebatuan. Setelah menemukan tanda maka, sarang lebah sudah berada tidak terlalu jauh dari lokasi kotoran nya. Setelah satu jam berjalan ke atas bukit ini, akhirnya warga menemukan sarang lebah yang cukup besar di atas pohon. Warga pun membagi tugas masing-masing dan membuat persiapan untuk mengambil madu.

Sebagian warga bertugas menyiapkan api atau oleh warga pemburu madu disebut api poyong, yang berfungsi untuk mengusir lebah dari sarangnya. Biasanya pembuat api poyong adalah warga yang sudah
menjadi pawang lebah, karena membuat api poyong, sembari di bacakan doa agar lebah tidak menyerang mereka. Setelah api poyong siap, maka salah satu dari mereka bertugas mengambil madu dan naik ke atas pohon. Proses mengambil madu ini biasanya butuh waktu lima hingga sepuluh menit. Yang bertugas
mengambil madu diatas pohon tinggi haruslah yang telaten dan benar-benar terbiasa agar tidak terjatuh.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments