youtube channel

Channels

Berangkat Sekolah ke Seberang, Sungai Diterjang

Berangkat Sekolah ke Seberang, Sungai Diterjang

Berangkat Sekolah ke Seberang, Sungai Diterjang

antvklik.com - www.antvklik.com - Sungguh ironis, pembangunan yang seharusnya merata dan tepat sasaran kepada warga, namun di Probolinggo, Jawa Timur, puluhan siswa harus berjibaku menyeberangi sungai, demi menuntut ilmu di sekolah, arena akses jembatan yang terseret banjir tak kunjung dibangun. Bahkan belum mendapatkan perhatian dari pihak pemerintahan daerah setempat.

terjang sungai 2

Beginilah nasib puluhan siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam setiap harinya, harus berjibaku atau nekat menyeberangi sungai, demi bisa bersekolah di desa seberang. Mereka bersusah payah menuju ke seberang sungai menuju Desa Kedung Miri, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Ada sebanyak 45 siswa dan siswi yang harus mencopot sepatu dan menyingsing celananya, agar seragamnya tidak basah, saat menerjang arus sungai yang deras menuju tempat mereka menuntut ilmu. Lokasi sekolahan yang dituju oleh para pelajar di kampong ini terletak sekitar dua kilometer di desa seberang, yakni Desa Gunung Wurung.

terjang sungai 3

Memang sangat beresiko dan tak mudah bagi sejumlah siswa yang masih kecil ini, ketika berusaha menyeberangi sungai yang licin dan arusnya yang deras. Maka orangtua pun harus ikut mengantarkan anak-anaknya berangkat ke sekolah.

“ Jika banjir tiba-tiba datang, para siswa pun dipastikan tidak bisa bersekolah, karena sangat berbahaya terbawa arus sungai yang sangat deras kala banjir, “ ujar Hanima, salah satu orangtua murid yang ikut mengantar anaknyake sekolah menyeberangi sungai.

Kondisi semacam ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun, setelah satu-satunya jembatan dari bambu yang menghubungkan antara Desa Kemiri dan Desa Gunung Wurung terseret banjir. Namun saying, sampai saat ini jembatan tersebut tak pernah diperbaiki, sehingga menyulitkan aktivitas sehari-hari bagi warga Desa Kemiri dan warga Desa Gunung Wurung.

Warga berharap adanya perhatian pemerintah setempat dan pihak terkait agar segera memperbaiki jembatan yang sangat dibutuhkan oleh warga. Akibat runtuhnya jembatan ini, bukan hanya aktivitas sekolah anak-anak yang terganggu, tetapi juga menggangu aktivitas lainnya yang berimbas kepada kondisi perekonomian warga.

Demikian laporan Syahwan Kamahina dari Probolinggo, Jawa Timur.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments