youtube channel

Channels

Benar Gak Ya, Wanita Kurus Susah Hamil???

Benar Gak Ya, Wanita Kurus Susah Hamil???

Benar Gak Ya, Wanita Kurus Susah Hamil???

antvklik.com - - Karena selama ini kita hanya mendegar yang sulit hamil adalah orang yang bertubuh gemuk namun wanita kurus tidak pernah mendapat masalah hamil. Ternyata wanita kurus juga beresiko sangat besar untuk kesulitan untuk hamil.

Ternyata, jumlah lemak lemak yang ada didalam tubuh kamu sangat mempengaruhi kesuburan kamu loh. Lemak dibutuhkan dalam produksi hormon estrogen yang kemudian hormon ini diperlukan untuk terjadinya menstruasi. Jika terlalu sedikit hormon estrogen dalam tubuh kamu, maka siklus menstruasi dan ovulasi dapat berkurang. Selain itu, lemak tubuh yang sangat sedikit juga akan mengganggu aliran hormon dari otak kamu menuju kelenjar hipofisis. Artinya, sinyal dari kelenjar hipofisis untuk memberi tahu ovarium untuk melepaskan sel telur (ovulasi) tidak akan terjadi.

hamil 1

Jika kamu melewatkan periode kamu, artinya tubuh kamu tidak akan melepaskan sel telur selama tiap siklusnya. Jika kamu tidak melepaskan sel telur, walaupun kamu memiliki banyak sel telur yang sehat, sel telur ini akan tetap berada di ovarium. Jadi, kamu akan lebih berisiko untuk mempunyai siklus menstruasi yang tidak teratur jika kamu mempunyai berat badan kurang dari normal (underweight). Siklus menstruasi yang tidak teratur ini akan menyulitkan kamu untuk hamil.

Lemak tubuh penting untuk menjaga siklus menstruasi kamu. Hal ini mengapa individu yang sangat kurus atau memiliki IMT di bawah 18,5 mungkin sulit hamil. Individu yang melakukan banyak aktivitas fisik dan melakukan diet ketat dapat memiliki IMT sangat rendah, sehingga siklus menstruasinya tidak teratur dan kemudian menjadi sulit hamil.

hamil 2

Hal ini biasanya terjadi pada atlit perempuan profesional yang sangat menjaga berat badannya atau balerina. Selain itu, juga banyak wanita yang sangat menekan dirinya agar tetap langsing dengan melakukan diet ketat, dan menjaga berat badannya di ambang batas normal. Atau bisa juga terjadi pada individu yang menderita anoreksia nervosa yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, bahkan mengalami amenore.

hamil 3

Jika kamu underweight dan memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau bahkan siklus menstruasi kamu berhenti, sebaiknya periksakan ke dokter kamu agar masalah kamu dapat segera diatasi. Jika kamu hanya butuh untuk menaikkan berat badan kamu beberapa kilogram, sebaiknya kamu naikkan berat badan kamu secara bertahap dengan cara makan makanan yang bergizi seimbang.

Mencapai berat badan normal sebelum kamu hamil juga merupakan sebuah upaya untuk mendapatkan bayi yang sehat. Jika kamu hamil dengan kondisi berat badan kurang, maka kamu akan meningkatkan risiko bayi kamu lahir dengan berat badan rendah atau bayi lahir prematur. Semoga bermanfaat ya guy’s..


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments