youtube channel

Channels

Begini Caranya Agar Gas Metana dalam Septic Tank Tidak Meledak

Begini Caranya Agar Gas Metana dalam Septic Tank Tidak Meledak

Seorang tewas karena ledakan gas metana di dalam septic tank

antvklik.com - Ledakan dalam septic tank sudah sering terjadi. Ledakan disebabkan terjadi reaksi Gas Metana (CH4) dengan oksigen yang menghasilkan gas CO2 dan H2O.

Dalam bentuk gas, metana tidak mudah terbakar. Dalam situs geologinesia.com dijelaskan dengan konsentrasi sebesar 5 sampai 15% di udara, maka gas metana ini dapat terbakar. Sedangkan metana dalam bentuk cair tidak mudah terbakar, kecuali juga diberi tekanan yang tinggi sebesar 4 sampai 5 atmosfer.

Nah, agar gas metana tidak mudah terbakar seperti kasus di Cakung, seharusnya mengurangi konsentrasi kadarnya di dalam septic tank dengan membuat lubang udara. Selain itu, juga harus dihindari bermain api di dekat septic tank.

Kasus meledaknya septic tank juga pernah terjadi di DPRD Bontang pada bulan Februari 2001. Peristiwa terjadi berbarengan dengan aksi unjuk rasa di kantor DPRD. Para pengunjuk rasa pun berhamburan. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Peristiwa serupa juga terjadi Pelabuhan Ningbo, China pada bulan November tahun 2017. Duua orang tewas dan 20 orang lainnya luka-luka. Di florida Amerika Serikat pun pernah terjadi septick meledak. Septic tank tersambar petir sehingga terjadi ledakan .

Chairul Achir | jakarta


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments