youtube channel

Channels

Bahaya Makan Mie Instan di Campur Dengan Nasi Putih

Bahaya Makan Mie Instan di Campur Dengan Nasi Putih

Bahaya Makan Mie Instan di Campur Dengan Nasi Putih

antvklik.com - - Nasi merupakan makanan pokok sebagian orang Indonesia. Jika sedang tidak ada nasi biasanya akan mencari penggantinya, dahulu jaman kakek dan nenek kita mungkin penggantinya digantikan oleh ubi, kentang atau jagung, tetapi di jaman yang sudah serba praktis ini, mie instan sudah jadi pilhan utama pengganti nasi. Namun, kalian tidak menyadari bahwa sangat bahaya jika makan mie instan di campur nasi putih.

Kebiasaan yang cukup enak dan tidak memakan banyak biaya ini ternyata cukup berbahaya bagi kesehatan. Pada dasarnya, mie instan dan nasi sama-sama mengandung kalori yang cukup tinggi dan sebagai salah satu sumber karbohidrat bagi tubuh. Berikut bahaya makan mie instan di campur dengan nasi putih yang dilansir dari health.com dan dikutip oleh ANTV :

1. Terlalu kaya karbohidrat

Mie dan nasi sama-sama makanan yang mengandung karbohidrat. Jika anda terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, maka rasa lapar anda akan hilang. Sehingga kecukupan gizi lain yang harusnya anda penuhi menjadi tidak terpenuhi. Padahal tubuh anda juga memerlukan kebutuhan nutrisi lain yaitu protein, lemak, dan mineral.

Bahaya Makan Mie Instan di Campur Nasi Putih Bahaya Makan Mie Instan di Campur Nasi Putih

2. Meninggikan hormon insulin

Bahaya makan mie dengan nasi akan menghasilkan sekitar 750 kalori. Secara kesehatan hal ini sangat tidak baik untuk tubuh. Ketika makanan yang mengandung karbohidrat masuk dalam tubuh, ia akan di cerna menjadi gula atau amilum. Lalu hasil dari proses pencernaan nanti akan memasuki pankreas, dan di olah menjadi hormone insulin. Jika dalam porsi banyak, hormone juga akan terproduksi banyak.

3. Merusak pankreas

Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat nanti akan membuat rusak pankreas. Sebab hasil produksi gula yang nantinya akan di olah menjadi hormon insulin, organ tubuh yang paling banyak berperan adalah pankreas. Jika terlalu banyak gula, maka pankreas juga akan bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga lama kelamaan pankreas anda mengalami kelelahan dan kerusakan.

4. Resiko diabetes mellitus

Kandungan kalori dalam nasi dan efek samping mie instan sangat banyak. Jika semuanya diolah, maka hasil olahan yang berupa gula tersebut akan memenuhi tubuh. Kerja organ pankreas menjadi lebih keras. Bahkan mampu terjadi kerusakan di pankreas. Jika sudah terjadi seperti itu, maka pankreas yang harusnya mampu memisahkan antara gula dan darah, yang terjadi adalah kedua zat tersebut menyatu dan tidak bisa terfilter. Ketika anda kencing, masih ada dan mengandung gula.

5. Meningkatkan kerusakan organ hati

Zat karbohidrat yang ada dalam tubuh yang berlebih akan di pecah menjadi zat lain. Misalnya anda kekurangan nutrisi lemak. Maka karbohidrat tersebut juga akan di pecah menjadi lemak. Nah pemrosesan lemak ini akan di transfer ke organ hati sebagai pembantu sistem pencernaan metabolisme. Anda masih bisa tersenyum lega jika hati menjadi tempat menumpuknya sel lemak yang baik. Namun, jika ternyata yang menumpuk di hati anda adalah lemak jahat, siapa yang tahu?

Bahaya Makan Mie Instan di Campur Nasi Putih Bahaya Makan Mie Instan di Campur Nasi Putih

6. Melebarkan volume perut

Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, maka volume atau lingkar perut akan menjadi lebih lebar. Anda bisa melihat dari kebanyakan orang yang mengalami obesitas, memiliki lingkar perut yang luar biasa bundar bukan?

7. Pemicu penyakit lain

Dengan keadaan karbohidrat yang terlalu banyak, maka tubuh bagian perut anda akan menjadi lebih lebar. Jika ukuran perut anda adalah setengah dari tinggi badan, hal ini akan mampu meningkatkan resiko bahaya obesitas menjadi sarang berbagai macam penyakit.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments