youtube channel

Channels

Awas, Virus Kanker Serviks Bisa Menular Lewat Celana Dalam, Meski Sudah Dicuci

Awas, Virus Kanker Serviks Bisa Menular Lewat Celana Dalam, Meski Sudah Dicuci

Awas, Virus Kanker Serviks Bisa Menular Lewat Celana Dalam, Meski Sudah Dicuci

antvklik.com - www.antvklik.com - Virus kanker serviks yaitu Human Papiloma Virus yang menyebabkan kanker serviks. Kanker serviks ternyata adalah satu-satunya kanker yang dapat menular. Bahkan, kanker yang mayoritas menyerang perempuan ini disebut-sebut juga sebagai penyakit mematikan nomor tiga di Indonesia.

Dalam anggapan yang selama ini beredar luas di masyarakat, kanker serviks hanya bisa menular melalui hubungan seksual. Padahal, menurut Prof. Dr. dr. Andrijono, SpOG(K) selaku Ketua Umum Indonesian Working Group on HPV, penularan HPV juga bisa disebabkan oleh cara lain.

"Penularan HPV bukan hanya seksual, tapi skin to skin," ungkap Andrjono kepada VIVA.co.id, di kawasan Menteng.

Dia mencontohkan, dalam sebuah kasus, pernah ditemukan seorang perempuan yang terkena HPV di mulut. Hal ini menurutnya, disebabkan oleh kontak kulit dari serviks yang berpindah ke daerah mulut.

"Sekarang penelitian di seluruh dunia itu sepakat ada penularan (HPV lewat) skin contact," kata dia menambahkan.

Tidak hanya itu, dia juga mengatakan, penelitian lain juga telah menemukan, bahwa HPV juga bersarang di celana dalam. Hal ini, lanjut dia, bisa tertular apabila seorang mengenakan celana dalam tersebut. Bahkan, ketika celana tersebut sudah dicuci.

"Ada beberapa dari pants sharing, itu tukar-tukaran karena virusnya bisa menyelip dan segala macam, jadi virusnya bisa mengalir. Dicuci bisa saja hilang, tapi juga bisa bersarang di lipatan-lipatan. Karena virus ini tumbuh di tempat lembap," kata dia.

Untuk itu, dia mengingatkan selain melakukan vaksin untuk pencegahan dan skrining untuk mendeteksi, pola hidup yang bersih juga menjadi kunci untuk memutus mata rantai penularan HPV atau Virus Kanker Serviks.

"Makanya kalau ke toilet-toilet umum, atau jenguk penderita kanker, kita juga harus pastikan tangan kita steril dengan alkohol sebelum dan sesudahnya," kata dia.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments