youtube channel

Channels

Antisipasi Rusuh Meluas di AS, Diterapkan Jam Malam di 40 Kota, Polisi Ikut Demo

Antisipasi Rusuh Meluas di AS, Diterapkan Jam Malam di 40 Kota, Polisi Ikut Demo

Sherif di Genesee County ikut demonstrasi (Foto: Reuters)

Buntut kematian warga kulit hitam di tangan polisi, kerusuhan di AS terus meluas. Hingga kini sedikitnya 40 kota terapkan jam malam, termasuk Ibu Kota, Washington DC. Namun di Michigan ada polisi ikut demo.

antvklik.com - Kerusuhan di AS terus meluas dan kian tak terkendali. Sedikitnya 40 kota yang tersebar di 23 negara bagian telah menerapkan jam malam. Pemberlakuan jam juga diterapkan di Washington DC, Ibu Kota Amerika Serikat.

Di Chicago, pusat-pusat bisnis ditutup pemerintah. Hanya pegawai dan orang-orang yang tinggal di sana diperbolehkan keluar masuk.

polisi ikut demo Demo berujung bentrok di Washington DC, AS (Foto: Reuters)

Sementara di Negara Bagian Minnesota, jalan-jalan protokol utama telah ditutup polisi. Kondisi Kota Minneapolis yang berada di negara bagian Minnesota, praktis lumpuh akibat kerusuhan dan penjarahan. Beberapa gedung juga dibakar massa.

Minneapolis merupakan kota tempat terjadinya kekerasan polisi terhadap seorang warga kulit hitam bernama George Floyd. Pria berusia 46 tahun itu meninggal akibat ditangkap dengan cara represif oleh polisi setempat.

Belum lagi, kasus kekerasan polisi di Minneapolis tuntas, muncul lagi kasus kekerasan polisi terhadap dua mahasiswa di Atlanta pada Sabtu (30/5/2020).

Keesokan harinya, Wali Kota Atlanta Keisha Lance Botttoms langsung memecat polisi yang terlibat kekerasan.

Lain lagi yang terjadi di Genesee County, Flint, Michigan. Sherif di sana malah ikut bergabung dengan para demonstran

"Kami ingin bergabung dengan kalian semua (demonstran) secara nyata. Saya lepas helm saya, mereka (petugas kepolisian) juga meletakkan pentungan. Saya ingin menjadikan ini parade, bukan demonstrasi," kata Chris Swanson, yang menjadi sherif di sana.

Pernyataan Swanson langsung disambut demonstran dengan teriakan ajakan untuk berjalan bersama.

CNN


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments