youtube channel

Channels

Anies Uji Nyali Lewati Jembatan “Indiana Jones”

Anies Uji Nyali Lewati Jembatan “Indiana Jones”

Gubernur DKI menjajal jembatan gantung "Indiana Jones' Srengseng Sawah

antvklik.com - -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam akun media sosialnya, menulis: “Atas laporan dari teman-teman meninjau jembatan ‘Indiana Jones’ di RT 11 RW 02 Srengseng Sawah. Di atas Sungai Ciliwung, bentangan jembatannya sekitar 45m. Kondisinya memang mengkhawatirkan. Hanya beralaskan bahan-bahan rentan dan terkesan penuh ikatan tambal sulam. Padahal tiap hari bisa ratusan orang lewat jembatan ini. Jembatan ini perlintasan jalan kaki dan sepeda motor bagi warga Jaksel dan Kota Depok. Tadi datang bersama Kepala Dinas Bina Marga dan Lurah Srengseng Sawah. Kita akan segera bertindak, dan tentu koordinasi dengan Pemkot Depok agar segera bisa dibangun jembatan yang aman.”

Gubernur DKI meninjau jembatan gantung di Srengseng Sawah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Minggu (21/1) petang, memang meninjau dua jembatan gantung di kawasan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Melihat kondisinya yang mengkhawatirkan, Sang Gubernur pun menyebut jembatan ini “jembatan Indiana Jones”. Tak hanya meninjau dari jauh, Anies menjajal langsung jembatan ini dengan ditemani Lurah Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Tubagus Masruri, sehingga Sang Gubernur pun bisa merasakan kondisi sebenarnya jembatan ini.

Gubernur DKI berjalan di atas jembatan gantung Srengseng Sawah.

Kabarnya, jembatan gantung ini merupakan salah satu yang diusung oleh mahasiswa jurusan teknik sipil salah satu universitas negeri ternama untuk direnovasi dengan desain baru dalam lomba Wiratman Bridge Challenge 2016, suatu program CSR yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian serta pemahaman praktik desain konstruksi di kalangan calon insinyur muda. Tapi hingga kini kondisi jembatan gantung tersebut tak berubah—meski sang mahasiswa menang dalam lomba Wiratman Bridge Challenge 2016.

Sementara itu, sejumlah warga setempat menyatakan di kecamatan mereka ada sejumlah jembatan yang dinilai rawan di kala hujan. Apalagi, banyak anak sekolah yang menggunakan jembatan, terutama yang terletak di Jalan Srengseng Sawah itu. Warga sudah lama mengusulkan agar dibangun jembatan permanen.

Sang Gubernur sudah meninjau langsung ke lokasi, pihak pemerintah provinsi pun menyatakan akan segera menyiapkan jembatan pengganti yang lebih aman dan konstruksinya lebih kuat untuk masyarakat. Pemerintah provinsi berjanji dalam waktu dekat akan segera bergerak setelah berkoordinasi dengan tim teknis dan juga berkoordinasi dengan Pemkot Depok agar secara administratif tidak bermasalah.

Anies di atas jembatan gantung yang kondisinya mengkhawatirkan.

(sumber: PPID)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments