youtube channel

Channels

Akhirnya Terungkap, Misteri Jalan Berasap di Bandung

Akhirnya Terungkap, Misteri Jalan Berasap di Bandung

Jalanan berasap saat dibongkar petugas (ANTV/ Asep Barbara)

Sebuah ruas jalan di Bandung Jawa Barat bikin heboh masyarakat karena mengeluarkan asap. Setelah dibongkar petugas, akhirnya terungkap misteri jalan berasap.

Petugas Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung akhirnya membongkar aspal di persimpangan Jalan Cipaganti-Pasteur, Selasa (14/1/2020). Sehari sebelumnya, ruas jalan ini mengeluarkan asap tebal hingga bikin heboh pengguna jalan.

Pembongkaran aspal jalan dilakukan dengan mesin penghancur beton. Awalnya petugas mengira, penyebab keluarnya asap berasal dari kabel yang terbakar. Namun setelah dibongkar, tidak ada kabel listrik atau jaringan seluler yang terbenam di badan jalan.

Karena itu Pelaksana Pemeliharaan Jalan dan Saluran UPT Cibenying Bandung, Asep Suryana memastikan, munculnya asap akibat gesekan aspal dengan lapisan cat oven berbahan karet pada marka jalan.

"Pertama-tama diperkirakan (sumber asap) dari kita itu dari kabel. Ada jalur kabel di bawah. Ternyata setelah dikonfirmasi, lapisan cat oven ini. Kalau aspal kepanasan kan naik ke atas, menguap. Dan dengan (cat berbahan) karet ini, kalau ada tekanan aspal dari bawah kena cat ini menimbulkan asap. Kalau tidak ditekan mah enggak (keluar asap). Tadi udah dicoba," kata Asep.

Rencananya lapisan cat ini diganti dengan hotmik oleh Unit Reaksi Cepat dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung.

Asep Barbara I Bandung, Jawa Barat


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments