youtube channel

Channels

Ini Jawaban Mengapa Air Terjun Sedudo Berubah Menjadi Hitam

Ini Jawaban Mengapa Air Terjun Sedudo Berubah Menjadi Hitam

Air Terjun Sedodo Jadi Hitam

antvklik.com - newsplus.antvklik.com- Berubahnya warna hitam air terjun Sedudo di Nganjuk Jawa Timur membuat geger. Namun ternyata warna air yang biasanya jernih menjadi hitam itu bukan aliran pasir. "Tetapi material abu bekas kebakaran hutan saat kemarau sebelumnya. Hujan dibagian hulu menghanyutkan material kebakaran hutan sehingga debit air terjun berwarna hitam. Kejadian hanya sesaat,"kata Humas BNPB Sutopo P Nugroho.

Sebelumnya digrup WA dan media sosial beredar video air terjun Sedodo yang berubah menjadi hitam. Karuan ini menimbulkan spekulasi termasuk dugaan bakal terjadinya bencana.

Sebelumnya Rizky warga Pare, Kediri mengirimkan video yang dibroadcast oleh anggota grup WA radio amatir di Nganjuk. Dalam video itu, tampak seorang petugas kepolisian berdiri di depan Air Terjun Sedudo yang airnya menghitam. Menurut informasi yang beredar, Air Terjun Sedudo menghitam karena pasir dan material longsoran. Rizky meminta bantuan Gatekeeper Radio ANDIKA untuk mengkonfirmasikan kebenaran berita ini.

Didik Santoso, Staf BPBD Nganjuk, saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA membenarkan kalau video tersebut memang diambil di area objek wisata Air Terjun Sedudo, Nganjuk, sekitar 3 hari yang lalu. Sementara terkait aliran Air Terjun Sedudo yang menghitam, merupakan akibat dari bekas abu lahan hutan yang terbakar sebelumnya, lalu terbawa aliran sungai menuju Air Terjun Sedudo.

Petugas BPBD Nganjuk juga sudah melakukan pengecekan langsung wilayah hutan yang ada di sekitar Air Terjun Sedudo, yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Petugas BPBD Nganjuk tidak menjumpai adanya tanda potensi longsor ataupun bencana alam


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments