youtube channel

Channels

Air Terjun Otak Kokoq Joben, Diyakini Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

Air Terjun Otak Kokoq Joben, Diyakini Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

Air Terjun Otak Kokoq Joben, Diyakini Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

antvklik.com - www.antvklik.com - Salah satu lokasi wisata yang tak boleh ketinggalan jika berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat adalah Air terjun Otak Kokoq Joben. Nama Otak Kokoq Joben berasal dari bahasa Sasak yang berarti hulu sungai atau sumber mata air yang berada di Joben. Lokasi wisata air terjun ini berada sekitar 50 Kilometer ke arah Timur Kota Mataram. Air terjun ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, jadi tak heran banyak sekali orang yang mengunjungi air terjun ini, dengan niat ingin sembuh dari penyakit yang dideritanya atau ada juga yang berkunjung sekedar untuk melepas kepenatan dari aktifitas sehari-hari. Air terjun yang telah ada sejak ratusan tahun lalu ini terletak di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Setiap akhir pekan, atau hari libur lokasi wisata ini selalu penuh dengan pengunjung dari berbagai daerah di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain bisa terapi di air terjun yang berkhasiat ini, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam dan sejuknya udara di kaki Gunung Rinjani.

otak kokoq 2

Untuk menuju ke lokasi air terjun Otak Kokoq Joben ini tidaklah sulit, karena jalan menuju ke lokasi wisata ini sudah cukup baik dan beraspal. Anda bisa menuju ke lokasi air terjun ini dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun dengan mobil.

Yang unik dari air terjun ini adalah tidak adanya aliran sungai diatasnya, yang ada hanyalah mata air di antara pohon-pohon besar di lokasi air terjun ini. Menurut warga aliran mata air ini berasal dari danau Segara Anak yang berada di puncak gunung Rinjani, maka air terjun ini tak pernah kering meskipun musim kemarau. Yang perlu diingat, bagi para pengunjung yang tak tahan dingin, jangan coba-coba untuk mandi di air terjun ini, karena airnya sangat dingin, meskipun saat terik matahari di siang bolong. Menurut warga setempat, H. Ahmad, jika Anda memiliki penyakit tertentu, maka saat Anda mandi di air terjun ini, airnya akan berubah menjadi putih seperti air susu.

kolam otak kokoq

Di lokasi wisata air terjun ini ada dua tempat, yang pertama aliran airnya besar, sedangkan lokasi air terjun lainnya lebih kecil dan sungainya pun juga lebih dangkal, yang khusus bisa digunakan oleh anak-anak. Tak hanya air terjun, di lokasi wisata ini juga disediakan kolam renang baik untuk orang dewasa maupun kolam untuk anak-anak. Jadi bagi pengunjung yang tidak tahan kedinginan, bisa berenang di kolam renang yang sudah disediakan. Jangan khawatir, untuk masuk ke lokasi wisata ini hanya membayar Rp 5000 saja. Dijamin Anda bisa puas menikmati air terjun Otak Kokoq Joben dan juga menikmati keindahan alamnya yang masih asli, di wilayah Lombok Timur. Laporan Marwan Albab dan Kukun Y.P. dari Lombok Nusa Tenggara Barat.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments