youtube channel

Channels

Majelis Hakim: Ahok Bersalah, Dihukum 2 Tahun dan Ditahan

Majelis Hakim: Ahok Bersalah, Dihukum 2 Tahun dan Ditahan

Majelis Hakim: Ahok Bersalah, Dihukum 2 Tahun dan Ditahan

antvklik.com - - Majelis Hakim memutuskan Ahok bersalah dalam kasus penistaan agama. Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis 2 tahun penjara terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dalam persidangan yang digelar di Aula Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta, Selasa (9/5). Majelis berpendapat, tuntutan jaksa yang menuntut 2 tahun dan masa percobaan 1 tahun tidak tepat."Oleh karena itu terdakwa dihukum penjara selama 2 tahun dan ditahan, serta membayar biaya perkara sebesar Rp 5 ribu,'kata Ketua Majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto.

Dalam amar putusannya, hakim menyatakan bahwa Ahok terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindakan penodaan agama. Majelis juga berpendapat, tidak seharusnya Ahok menggunakan kata-kata yang menghina keyakinan orang lain.

Pada pembelaannya dalam persidangan sebelumnya, terdakwa Ahok membantah bahwa ia telah melakukan penodaan agama atau penghinaan terhadap golongan tertentu lantaran mengutip Surat Al Maidah ayat 51, saat berpidato di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Ahok menyebut ia ingin melayani untuk kesejahteraan warga mski harus melawan arus.

Dalam kasus tersebut Ahok didakwa dua pasal alternatif yakni pasal 156a KUHP atau Pasal 156 KUHP. Namun dalam tuntutan tersebut JPU mengabaikan pasal 156a KUHP karena ucapan Ahok tak ada unsur niat, JPU pun menuntut Ahok dengan pasal 156 KUHP dan hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun. Menurut Ahok, kasus ini mencuat setelah Buni Yani mengunggah video pidatonya di Kepulauan Seribu yang mengutip surat AL Maidah ayat 51.

Menanggapi vonis 2 tahun penjara terhadap Ahok yang di jatuhkan majelis hakim atas kasus penistaan agama, terdakwa Ahok dan penasehat hukumnya tidak menerima dan akan mengajukan banding. Sementara jksa penuntut umum menyatakan pikir-pikir atas putusan ini.

Sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan imbauan kepada masyarakat untuk hormati apapun hasil vonis Ahok. Masyarakat diminta untuk mempercayai apapun keputusan yang ditetapkan oleh hakim. Hal ini sejalan dengan komitmen tokoh-tokoh gerakan massa yang beberapa hari lalu menemui Mahkamah Agung.

Reaksi Massa

Vonis untuk Ahok ini disambut beragam. Massa pendukung Ahok menyambut dengan lagu Gugur Bunga yang dinyanyikan ribuan pendukung. Mereka terlihat tak puas dengan hukuman ini.

Demikian Laporan Erlang Purbaya, Rahmat Aminuddin, Edwin Lantang dari Jakarta


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments