youtube channel

Channels

Adat Mandailing Dalam Prosesi Pesta Adat Kahiyang Bobby

Adat Mandailing Dalam Prosesi Pesta Adat Kahiyang Bobby

Adat Mandailing Dalam Prosesi Pesta Adat Kahiyang Bobby

antvklik.com - - Dalam pesta adat pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu Siregar secara adat Mandailing ini, tadi pagi sudah dilaksanakan Manalpokkon lahanan atau penyembelihan kerbau, menyantan gondang dan gordang 9, Margalanggang atau Manortor, dan Mangalo-alo mora atau penyambutan mora atau adik dan kakak laki-laki ibunda Bobby, ibu Ade Hanifah Siregar, yang saat ini melaksanakan Manarimo Tumpak atau menerima tumpak.

Prosesi adat ini adalah menerima kedatangan Kahanggi, Anak boru,dan kelompok masyarakat etnik yang mengantarkan bantuan sumbangan secara adat sebagai tanda ikut bergembira, juga sebagai wujud kegotong royongan bahwa masyarakat juga saling membantu.

Himpunan keluarga Mandailing ini misalnya, mereka membawa kerbau untuk diberikan kepada pengantin. Tumpak berupa kerbau ini dipilih karna kerbau merupakan simbol adat tertinggi di adat Mandailing. Tidak hanya kerbau, tapi ada juga beras, kelapa, pisang, nangka, sayuran dll utk penambahan penyelenggaraan pesta.

Dalam Kirab budaya ini di depan ada 2 orang yg melakukan pencak silat diarak sekitar 6km dari kawasan Perumahan Asoka Asri menuju kediaman Bobby di Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah sambil diiringi dengan gordang 9 alat musik khas Mandailing dihiasi 9 bendera dari raja-raja Mandailing.

Setelah Manarimo tumpak, prosesi dilanjutkan dengan maralok-alok atau sidang adat, dan yang menarik prosesi selanjutnya yakni Margalanggang atau Manortor dr jam 8 malam hingga 8 pagi. Dan besok adalah Mata Ni Horja atau puncak acara adat, dimana Presiden Jokowi akan hadir dalam acara.

Demikian Laporan Limystina Novatra, dari Medan Sumatera Utara


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments